Kembalinya Pamor Taiwan di Afrika Usai Jalin Hubungan dengan Somaliland

Taiwan diperkirakan akan menjadikan Somaliland sebagai hub untuk memperkuat kembali pengaruhnya di Afrika usai mengakui kemerdekaan Somaliland.

Daerah Somaliland bernasib sama dengan Taiwan yang berusaha merdeka dari Somalia.

Mogadishu masih memiliki sistem pemerintahan yang lemah sehingga belum mampu mensejahterakan negara-negara bagiannya.

Walau begitu, Somaliland mempunyai posisi yang menguntungkan jika Mogadishu mengalami kebuntuan diplomatik dengan negara luar.

Uni Emirat Arab misalnya pernah ditegur oleh Mogadishu karena diyakini tidak menyelaraskan program bantuannya untuk kepentingan Mogadishu 

Abu Dhabi membalas dengan menjalin hubungan dengan Somaliland bahkan lebih jauh membuka pangkalan militer di wilayah tersebut usai menutup kedutaannya di Mogadishu.

Kini pembangunan di Somaliland meningkat tajam dengan bantuan ekonomi dari UAE.

Posisi strategis Somalia dan Somaliland juga akan dapat dimanfaatkan oleh Taiwan untuk tujuan geopolitiknya khususnya menandingi pengaruh Tiongkok di Afrika.

Taipei bisa menggunakan SDM Somalia untuk merebut kue ekonomi Afrikan yang sedang mengalami booming.

Taiwan mempunyai kelebihan khusus dari dua negara yang ingin pisah dari Tiongkok seperti Tibet dan Republik Turkistan Timur; yakni mereka mempunyai militer dan wilayah.

Hampir semua wilayah Tibet dan Turkistan Timur berada dalam kekuasan Tiongkok meski mempunyai pemerintahan sendiri di pengasingan.

Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...