Persiapan #SEAGames2019 Kacau dan Beraroma Korupsi, Ini Sikap Presiden Filipina

ilustrasi


BeritaDEKHOPresiden Filipina Rodrigo Duterte 'mengamuk' pada Selasa (26/11/2019). Sebabnya adalah karena kekacauan yang terjadi di acara Southeast Asian Games (SEA Games) 2019 atau pesta olahraga negara-negara di Asia Tenggara yang digelar di Manila, Filipina. (sumber)

SEA Games ke-30 ini akan digelar di Filipina dan dibuka pada Sabtu 30 November mendatang. Acara ini akan berlangsung selama 2 minggu hingga 11 Desember. Adapun upacara penutupan dilakukan pada 10 Desember mendatang.

Panitia memperkirakan akan ada hampir 10.000 atlet dari 11 negara partisipan dan 1.500 anggota media yang hadir di acara ini.

Menurut laporan Financial Times (FT), para atlet yang seharusnya berlaga di ajang bergengsi tersebut tidak mendapat pelayanan yang layak. Mereka tidak mendapatkan hotel untuk menginap, sehingga terpaksa harus tidur di lantai sebuah gedung beramai-ramai.

Lebih parah lagi, beberapa venue termasuk Stadion Rizal Memorial Manila yang seharusnya dijadikan tempat pertandingan sepak bola putra, justru belum selesai direnovasi pada saat acara pembukaan semakin dekat.

Menanggapi kekacauan itu, melalui juru bicaranya, Duterte meminta dilakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi yang diduga menjadi penyebab kekacauan tersebut.

"Presiden akan meminta penyelidikan dugaan korupsi. Itulah yang paling dia benci," kata Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Salvador Panelo, sebagaimana dikutip dari CNN Filipina.

"Presiden tidak senang dengan apa yang dia dengar tentang kekacauan di Sea Games 2019. Keluhan tentang keterlambatan, transportasi, check-in, makanan. Serta dugaan korupsi, termasuk bentuk inkompeten, dia ingin menyelidikinya," tambahnya.

Duterte dan jajarannya dikabarkan akan melakukan penyelidikan dugaan korupsi kepada semua penyelenggara, termasuk Ketua DPR yang juga Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina, Alan Cayetano. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...