India Bakal Luncurkan Misi Antariksa ke Kutub Selatan Bulan

ilustrasi
BeritaDEKHOIndia adalah salah satu negara yang ambisius dengan program antariksanya. Sebuah kabar terbaru mengatakan, New Delhi tengah bersiap untuk meluncurkan misinya ke kutub selatan Bulan.

Rencana itu datang saat dunia bersiap untuk merayakan ulang tahun ke-50 dari pencapaian NASA dengan misi Apollonya yang berhasil mendarat di satelit alami Bumi pada 1969 silam.

Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) akan meluncurkan misi ambisius bernama Chandrayaan-2, dijadwalkan pada 14 Juli mendatang pukul 17.51 EDT, 21.51 GMT, atau dini hari 15 Juli jam 04.51 Waktu Indonesia Barat.

Chandrayaan-2 akan diluncurkan dengan roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III M1, peluncur paling kuat yang dimiliki Negeri Bollywood sebagaiman dilansir dariSpace.com pada Minggu (16/6/2019).

Proses peluncuran akan berlangsung di Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, India. Saat lepas landas, waktu lokal akan menunjukkan pukul 02.51 dini hari pada 15 Juli.

Misi Chandrayaan-2 ini berbeda dengan pendahulunya yang bernama Chandrayaan-1. Pesawat antariksa itu tidak akan meluncur sendiri, namun akan turut mengangkut pengorbit, pendarat, dan penjelajah yang akan mempelajari satelit alami milik Planet Kehidupan itu dari atas permukaannya secara langsung.

Pendarat dalam Chandrayaan-2 bernama Vikram, nama yang sama dengan seorang ilmuwan India Vikram Sarabhai yang dijuluki sebagai "Bapak Program Angkasa Luar India", yang telah meninggal pada 1971 lalu. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...