Melihat Danau Paniai, Danau Terindah di Dunia

ilustrasi
BeritaDEKHOIndonesia timur memang tak pernah habis memberikan pesona alamnya. Di Provinsi Papua, tepatnya Kabupaten Paniai terdapat sebuah danau yang amat tersohor, bukan hanya di Nusantara melainkan juga dunia.

Danau yang bernama Danau Paniai ini secara administratif berada di Distrik Paniai Timur. Posisinya berada di pegunungan tengah di pedalaman Provinsi Papua.

Dulu Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage diberi nama Wisselmeren. Nama tersebut diberikan setelah seorang pilot asal Belanda Frits Julius Wissel tahun 1939 melintasi ketiga danau tersebut.

Karena keindahannya, Wissel menyempatkan diri untuk turun dan menikmati keindahan alam di sana. Di masa kolonial Belanda nama Wisselmeren lebih populer dibandingkan Danau Paniai. Wisselmeren sendiri artinya danau-danau Wissel.

Keindahan alam danau ini memang sangat luar biasa. Warna danau agak kebiruan dengan pasir dan tebing-tebing di sekitar tepian. Kondisi alamnya sangat asri. Sepanjang mata memandang kamu hanya akan melihat hamparan perbukitan berwarna hijau.

Selain keindahan alam, keragaman budaya penduduk di sana juga membuat orang tertarik datang ke sana. Ada beberapa suku yang tinggal di sekitar danau yakni Suku Mee dan Suku Moni.

Danau Paniai menyimpan berbagai jenis ikan air tawar. Dengan luas danau sekitar 14.500 hektar kamu akan mudah menemukan belut, ikan nila, mujair, mas dan sembilan hitam. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan udang endemik Papua yakni udang selingkuh.

Satu hal yang menarik, tanggal 30 November 2007 di India terdapat konferensi Danau Se-Dunia dengan dihadiri 158 negara. Keputusan konferensi itu mengatakan kalau Danau Paniai adalah danau paling indah di dunia.

Ada beberapa pilihan jika ingin menuju Danau Paniai. Pertama jalur darat dari Nabire melewati dua kabupaten. Kedua menggunakan jalur udara dari Timika menuju bandara Paniai. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...