Akhirnya, NASA Temukan Bukti Kehidupan di Mars

ilustrasi
BeritaDEKHOPlanet Mars selama ini dianggap mampu dihuni oleh Manusia. Selain karena jaraknya yang paling dekat dengan Bumi dibandingkan planet lain, ekosistem Mars pun dianggap bisa mampu menopang kehidupan umat manusia.

Lembaga Antariksa Amerika (NASA) pun kembali temukan bukti bahwa ekosistem Mars mampu menampung kehidupan manusia. Beberapa zat organik terawetkan di batu lumpur berusia 3 miliar tahun di kawah Gale, Mars.

Wahana Penjelajah NASA, Curiosity menemukan zat-zat organik dalam sampel tanah yang diambil dari bagian bawah kawah Gale. Ternyata sampel tanah tersebut mengandung beberapa molekul dari "Thiophenes, benzena, toluene, dan rantai karbon kecil, seperti propana atau butana."

Beberapa molekul itu adalah fragmen dari kerogen yang notabene adalah molekul organik yang dikenal sebagai residu materi hidup. Oleh karena itu peneliti mengindikasikan bahwa proses biologis pernah terjadi di planet Merah.

Curiosity menemukan sampel ini dengan mudah tanpa adanya rintangan. Selain beberapa molekul tersebut, Curiosity juga menemukan keberadaan klorin dan sulfur yang terawetkan secara organic.

Temuan ini mengindikasikan banyaknya deposit yang bisa dipelajari dari sejarah ekosistem Mars yang dianggap bisa menopang kehidupan manusia. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...