Selain Mengatasi Kolesterol, Ini Manfaat Lain Daun Salam

BeritaDEKHO - Daun salam merupakan daun yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan khas nusantara. Seiring perkembangan ilmu pengetahun, penelitian tentang kandungan didalam daun salam pun dilakukan para ahli. Hasil-hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa daun salam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

Memutihkan Gigi
Daun salam dan kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai pasta gigi alami yang dapat memutihkan gigi. Mula-mula daun salam dan kulit jemur dijemur hingga kering. Setelah kering kemudian dihaluskan dan dicampur dengan air. Aduk rata campuran tersebut hingga berbentuk layaknya pasta gigi. Gunakan untuk menggosok gigi secara rutin untuk mendapatkan gigi yang bputih dan bersih.

Mengatasi Kolesterol
Diabetes dan kolesterol merupakan masalah kesehatan yang saling berhubungan dan tidak bisa dianggap remeh. Daun salam dapat mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Resepnya juga cukup sederhana yaitu dengan merebus 10 – 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Rebus ampai airnya tersisa 1 gelas saja. Minumlah ramuan tersebut sebelum tidur secara rutin setiap hari. Kolesterol ataupun diabetes anda akan sembuh setelah mengkonsumsinya secara rutin.

Mengatasi Kecing Manis
Daun salam juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami penyakit kencing manis. Resepnya sama dengan resep membuat ramuan untuk mengobati diabetes dan kolesterol. Konsumsi ramuan tersebut dua kali sebelum makan. Konsumsi ramuan ini secara teratur sehingga penyakit kencing manis dapat disembuhkan.

Asama Urat
Asam urat merupakan penyakit yang biasa dirasakan oleh orang yang berusia lanjut. Dimana penyakit ini tidak bisa diremehkan karena menimbulkan rasa sakit pada persendian. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara untuk meracik daun salam menjadi obat asam urat juga sama seperti sebelumnya. Ramuan daun salam dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan untuk mengobati asam urat.

Mengatsi Hipertensi
Daun salam mengandung flanoviod yang dapat berperan menstabilkan tekanan darah. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki tekanan darah yang relativ tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi rebusan daun salam secara rutin dengan tetap menjaga menu makanan sehat anda. Konsumsi rebusan daun salam 2 kali sehari untuk pengobatan dan 1 kali sehari untuk pencegahan.

Mengobati Batuk
Penyakit yang satu ini biasanya menyerang tubuh berdampingan dengan flu. Masalah cuaca dan daya tahan tubuh adalah beberapa faktor yang myebabkan batuk bersarang ditenggorokan anda. Daun salam dapat menjadi obat alami batuk yang anda derita. Caranya yaitu dengan mencampurkan rebusan daun salam dengan 3 sendok makan madu asli dan air perasan buah jeruk nipis. Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari dalam keadaan perut terisi (sesudah makan).

Mengobati Diabetes
Daun salam juga dapat mengobati penyakit diabetes karena dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan trigilesida. Kandungan antioksidan dalam daun salam dapat mengefisienkan tubuh dalam memproses insulin. Oleh karena itu, daun salam baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes dan penderita resistensi insulin.

Mencegah Kanker
Selain penyakit-penyakit tersebut, daun salam juga dapat mencegah penyakit yang cukup berat yaitu kanker. Daun salam memiliki kandungan asam cafferic, quercetin, euganol, dan catechin yang dapat melindungi dan melawan berbagai jenis kanker. Penelitian yang dilakukan juga menunjukan daun salam secara khusus dapat melawan proliferasi sel kanker serviks berkat kandungan phytonutrient. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...