Penderita TBC Harus Banyak Makan, karena.. #TOSSTBC #AyoPilihJanganGolput

BeritaDEKHO - Apakah anda saat ini sedang mengalami TBC? Bagi anda yang belum tahu apa itu TBC, Tuberkulosis (TB atau TBC) adalah salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. WHO melaporkan pada tahun 2016 ada 10,4 juta orang di dunia yang terinfeksi TB dan 1,7 juta di antaranya meninggal karena penyakit ini.

Pasalnya, rutin berobat saja tanpa memastikan anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik tetap berisiko membuat TBC susah sembuhnya. Itu kenapa banyak pakar kesehatan yang menekankan setiap pengidap TBC harus makan banyak agar mempercepat penyembuhannya.

Pengidap TBC harus makan banyak supaya cepat sembuh

Pengidap TBC harus makan lebih banyak, tapi tentunya tidak sembarangan makanan yang boleh dilahap. Pola makan untuk pengidap TBC harus dirancang sedemikian rupa untuk memperbanyak asupan kalori (karbohidrat), protein, serta vitamin dan mineral. Pola makan sehat dan seimbang, bukan hanya porsinya saja yang didobel, terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan TBC.

Orang yang sakit TBC tidak boleh sampai mengalami kekurangan gizi, terutama protein dan kalori. Kekurangan gizi akan membuat penyakit anda semakin parah. Sebab, tubuh tidak memiliki cukup energi untuk mampu melawan infeksi sepenuhnya.

Infeksi TBC itu sendiri pun dapat membuat Anda rentan kekurangan gizi. Kekurangan gizi menyebabkan penurunan pada sistem kekebalan tubuh anda, sehingga tubuh anda lebih sulit mempertahankan diri dari virus tuberkulosis. Ditambah lagi, Anda lebih mungkin untuk mengalami kehilangan nafsu makan, sehingga pasien TBC umumnya mengalami kehilangan berat badan.

Kekurangan gizi pada pada pasien TBC dapat membuat proses penyembuhan berjalan lebih lama, pengobatan tidak efektif, dan tingkat kematian menjadi lebih tinggi dibandingkan pasien TBC dengan gizi baik. Anda juga rentan mengalami TBC kambuhan atau infeksi berulang setelah pengobatan apabila anda tidak cukup makan.

Maka jika anda sedang mengidap atau baru saja sembuh dari tuberkulosis, Anda harus benar-benar memerhatikan kebutuhan gizi tubuh. Pengidap TBC harus makan lebih banyak makanan yang bergizi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Protein dan karbohidrat merupakan zat gizi yang banyak dibutuhkan oleh pasien TBC. Selain itu, pasien TBC juga membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, E, B6, C, D, asam folat, zat besi, seng, dan selenium. Asupan gizi yang baik dikombinasikan dengan terapi obat yang tepat dapat mempercepat penyembuhan TBC. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...