Inalum Jelang Akhir Drama Divestasi Saham Freeport Indonesia

BeritaDEKHO - - Freeport-McMoRan Inc., induk usaha PT Freeport Indonesia, menyatakan kepastian pembelian hak partisipasi Rio Tinto sebesar 40% oleh PT Inalum (Persero) akan terjadi dalam waktu yang sangat dekat.

Dalam sebuah konferensi pertambangan di Florida, Amerika Serikat, CEO Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson mengatakan pihaknya tidak akan terlibat dalam diskusi tersebut. Adapun kesepakatan tersebut termasuk valuasi hak partisipasi yang bakal dikonversi menjadi saham.

"Freeport tidak akan terlibat langsung dalam diskusi tersebut," ujarnya, kemarin waktu setempat.

Dia mengatakan dalam proses divestasi tersebut, pemerintah Indonesia terus mempersiapkan dirinya untuk masuk sebagai pengelola tambang Freeport Indonesia di Papua. Hal itu termasuk melakukan survey ke lokasi.

"Pemerintah Indonesia melakukan banyak pekerjaan untuk mempersiapkan diri menghadapi negosiasi dengan Rio, termasuk mempekerjakan para dan melakukan kunjungan lapangan," tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1/2017, Freeport Indonesia harus mendivestasikan sahamnya kepada pihak nasional minimal 51%.

Adapun saham pemerintah yang telah dialihkan ke Inalum baru sebesar 9,36%. Sementara itu, Rio Tinto memiliki hak partisipasi 40% yang tidak tercatat sebagai saham. (baca selanjutnya/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...