Calon Ulama dari Lahewa, Nias Utara Asah Kemampuan Ceramah dengan Kultum setelah Zuhur

BeritaDEKHO - Kuliah tujuh menit (Kultum) menjadi kegiatan rutin setiap selasai Salat Zuhur yang diprogramkan oleh Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Lahewa mejadi salah satu motivasi para murid untuk berlomba-lomba menyampaikan tausyiahnya, Sabtu 3 Maret 2018.

Kepala MAS Lahewa Hasan Akhfasy, S.Pd.I mengatakan, kultum menjadi rutinitas yang dilaksanakan bakda Zuhur oleh MAS Lahewa dengan secara bergiliran siswa-siswi mendapat bagian untuk naik di atas mimbar, tidak terkecuali mulai dari kelas 1 s/d 3 akan bergantian. Program rutinitas ini diperuntukkan untuk hari sekolah saja (senin sampai sabtu),

Hari ini pelaksanaan kultum disaksikan Kepala Seksi Penyelenggara Pendidikan, Bimas Islam dan PHU Kementerian Agama Nias Utara Arnan Lubis, M.Sos beserta rombongan yang menyepatkan Salat Zuhur berjamaah di Mushala MAS Lahewa tersebut.

Kasi Penyelenggara Pendidikan, Bimas Islam dan PHU Kemenag Nias Utara Arnan Lubis M.Sos sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengingatkan betapa pentingnya menuntut ilmu, karena Allah mengangkat derajat orang-orang yang memiliki ilmu.

“Tanpa ilmu tidaklah ada apa-apanya hidup dan kehidupan kita ini, bagi anak-anak kami teruslah belajar meningkatkan pengetahuan dalam berbangsa dan beragama,” ungkapnya.

Selain kultum rutin tersebut MAS Lahewa juga mempunyai program Khutbah Jumat yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat disetiap Masjid Pelosok dikabupaten Nias Utara.

Kepala MAS Lahewa mengatakan program positif yang seperti ini dengan maksud dan tujuan mempunyai nilai jual dihadapan masyarakat yang merupakan satu-satunya MA yang ada di Nias Utara, tentunya dengan kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan serta karakteristik murid untuk tampil dihadapan masyarakat. Dengan seringnya berdiri didepan mimbar maka terlatihnya mental siswa untuk tampil.

“Dengan kegiatan seperti ini maka akan melahirkan siswa-siswi yang bermental kepemimpinan,” ungkapnya.

Dia juga mengharapkan dukungan kepada Kemenag Nias Utara baik moril maupun materil yang menunjang aktivitas dakwah rutin tersebut, yang tentunya masih jauh dari kesempurnaan baik sarana maupun prasarana. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...