Anggota MUI Sumut, DR. H. Sofyan Saha, Lc, MA, Lulusan Lucknow University Berpulang ke Rahmatullah, #UAS dan #AlumniIndia Berduka

BeritaDEKHO - Alumnus India, DR. H. Sofyan Saha, Lc, MA, lulusan Jamia Milia Islamia (JMI) New Delhi dan Lucknow University (LU), India, dikabarkan meninggal dunia Senin (12/3/2018) Pukul 23.00 di Binjai.

Almarhum dikenal sebagai anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara sebagai Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri, Kerjasama Nasional dan Internasional. Di lembaga bergengsi ini, terdapat dua alumni India. Satu lagi adalah Alumnus Jamia Nadwatul Ulama atau Nadwa College yang bersebelahan dengan kampus LU, Ust Sori Monang Rangkuti An-Nadwi, M.Th di Komisi Fatwa.

Alumni Lucknow University terbilang tidak banyak di Indonesia. Di antaranya adalah Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof Detri Karya, Dosen Unindra Sanudin Ranam, MA, Julkifli Marbun, MA dari BeritaDekhoCom, Muhammad Amin Syambawi, MA, anggota MUI di Jambi, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, rekan almarhum sesama alumni JMI juga baru saja berpulang ke rahmatullah, KH DR. Dihyatun Masqon, MA yang merupakan pengajar dan dosen di Gontor.

Ust Nuruddin, rekannnya sesama alumni India yang kini bekerja di Kemenag menuliskan kesedihannya dengan kepergian almarhum.

"Saya mau infokan apa adanya. Dalam perjalanan hidupku, salah seorang yang paling sering berkomunikasi, bertatap muka, dan bahkan makan hingga singgah ke rumah sy adalah almaghfurlah Dr. H. Sofyan Saha. Komunikasi terakhir sama beliau setelah resepsi putri keduanya, Nadwah ... Saya merasa terpukul berat dan terkejut krn selama ini beliau tdk memiliki keluhan yg berarti,- maaf bila dibandingkan dgn setruk sy dulu, penyakit sy lebih dahsyat tetapi alhamdulillah skrg sy sehat. Beliau orang hebat, banyak teman yg tdk membedakan ormas islam tertentu, ikhlad berteman, murah hati, dermawan, dan bersahabat. Beliau juga gemar silaturrahmi dgn teman di mana pun kaki dia menginjak. Sejak beliau pulang dari India, tanpa direncanakan selalu jumpa saya dalam iven yg tak diduga pula. Jika dihitung jumlahnya mungkin mencapai ratu kali. Saya benar2 kehilangan krn beliau adalah sosok inovatif dan teguh dalam berIslam. Selamat jalan sahabat n ajak aku ke surga Allah swt.," tulisnya di Whatsapp Grup Alumni India.

Sementara itu dai kondang Ust. Abdul Somad (UAS) di akun Instagramnya juga mengunggah foto-foto kebersamaan mereka semasa hidupnya.

"Kesal tak dapat dijemput, malang tak dapat ditolak, taqdir Allah pasti terjadi, pagi tadi abang kami yang lembut dan santun itu menghembuskan nafas terakhir. Mengingatkan kita semua bahwa kita pun akan menyusul. Apa yang akan kita bawa menghadap Allah SWT. (Ustadz Sofyan Saha gamis putih pakai kacamata) اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه," tulisnya.

Almarhum dan UAS pernah sama-sama menimba ilmu di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir di periode yang berbeda.

KH DR Dedi Masri, Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Sumut juga mengajak anggotanya berdoa untuk almarhum yang juga Ketua Harian Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar Indonesia (OIAAI) di Sumatera Utara. Sebagaimana terlihat dalam postingannya di Grup Whatsapp DPW IPI Sumut.



Www.beritadekho.com turut berduka atas wafatnya guru dan teman yang baik. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggal selalu tabah, tawakkal dan ikhlas...Aamiin. (adm)




Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...