20 Kebiasaan Sehat yang Harus Segera Dimulai

BeritaDEKHO - Hidup sehat dapat dimulai dari membiasakan diri dengan hal-hal yang poritif.

Dengan menjaga aktivitas yang baik dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Berikut 20 kebiasaan sehat yang mudah kamu lakukan!

Bergerak

1. Jika ada eskalator atau elevator, pilihlah menaiki tangga. Dengan menaiki tangga kamu akan melatih otot kamu dan membakar lemak. Bayangkan jika kamu lakukan itu sehari-hari, kamu bisa bayangkan seberapa banyak kalori yang kamu bakar.

2. Usahakan bergerak setiap jam atau cobalah berdiri lebih banyak. Menurut berbagai studi kesehatan, terlalu banyak duduk dapat menimbulkan banyak penyakit salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Nah, maka dari itu yuk beranjak dari tempat duduk.

3. Jika ada tujuan yang dekat, lebih sehat kamu berjalan kesana. Berjalan merupakan salah satu cara untuk berpetualang mengenal lingkungan kamu dan sekaligus bekerja menambah olahraga kamu. Kalau kamu membawa kendaraan kamu bisa parkir agak jauh dan berjalan menuju ke tujuan kamu.

4. Jadikan berolahraga bagian dari rutinitas kamu. Selain kamu berjalan dan menaiki tangga, menambah olah raga bisa membantu kamu menjaga kesehatan. Cobalah berolahraga ringan selama 30 menit secara rutin dan kamu pantau hasilnya terhadap badan kamu.

5. Jangan lupa untuk track atau pantau langkah-langkah kamu. Adapun langkah ideal sehari-sehari yang bisa kamu coba sebesar 10.000 langkah. Kamu bisa memantaunya melalui bermacam-macam aplikasi di smartphone kamu seperti aplikasi Runtastic Pedometer yang tersedia di Google Play dan Apps Store.

6. Adapun tambahan yang bisa kamu lakukan adalah stretching. Stretching cukup baik untuk melenturkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas sehari-hari dan juga merelaksasikannya. Dengan stretching kamu bisa merasakan lebih enerjik dan situasi mood yang lebih ceria.

Makan

7. Mulailah memilih makanan utuh (whole food) dibandingkan dengan junk food atau makanan yang diproses. Makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sedikit biasanya lebih sehat. Jika makanan terbuat dari bahan-bahan yang kamu tidak kenal seperti bahan kimia tentunya kurang baik jika dikonsumsi terus menerus.

8. Minumlah air. Cara mudah menyiasati kebiasaan ini adalah membawa botol minum kemana kamu berada. Banyak manfaat meminum air seperti menghidrasi tubuh, membantu menurunkan gula darah, dan lainnya sebagainya. Pilihlah air dibandingkan minuman bersoda. Karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi.

9. Mulai memasukkan sayuran dalam makanan sehari-hari. Tubuhmu tak hanya memerlukan protein dan karbohidrat. Tubuhmu memerlukan nutrisi dan serat yang ada pada tumbuhan. Agar ketahanan tubuhmu terjaga, mulailah memakanan sayuran.

10. Cobalah memasak makanan sendiri agar kamu tahu cara pemrosesan makanan yang kamu makan. Kamu juga bisa mengatur takaran makanan yang sesuai dengan proporsi tubuh kamu.

11. Bacalah label makanan. Kamu sebaiknya mengetahui makanan kamu terbuat dari apa. Jika makanan terlalu banyak bahan pengolah, sebaiknya kamu mulai menguranginya. Akan lebih baik jika kamu makan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

12. Makanlah dalam situasi sadar. Kadang saat menonton tv sambil makan cemilan, kita suka tidak sadar bahwa makanan yang kita makan sudah habis. Ini bisa menimbun kalori dalam tubuh kamu. Kamu bisa mulai mengurangi ini dengan cara makan dalam situasi sadar. Sadar akan makanan yang kamu makan baik dari sisi porsi, komposisi dan waktu. Ambillah waktu untuk mengunyah dan mengecap rasa dari makanan tersebut.

13. Buatlah jurnal makanan. Kamu sebaiknya mengetahui apa saja yang kamu makan dan mengaturnya dengan menulis apa saja yang kamu makan dalam jurnal makanan.

Kehidupan Sehari-hari

14. Berpikir positif. Ambilah satu waktu baik itu sejam penuh untuk mengatakan pada diri kamu untuk mulai mendengar suara positif dan menghindari suara negatif. Bisa juga kamu mulai dengan belajar menyukai kamu sendiri. Dengan ini kamu bisa mulai merasa kebahagiaan secara perlahan-lahan.

15. Atur goal dan langkah-langkah mewujudkannya. Tahun baru identik dengan resolusi menjadi lebih baik. Agar mewujudkan mimpi kamu, kamu perlu untuk mengetahui goal kamu terlebih dahulu. Setelah itu kamu perlu juga memikirkan langkah aksi untuk mewujudkannya.

16. Atur tidur yang baik. Tidur yang cukup adalah penting untuk menurunkan resiko penyakit, membantu menurunkan berat badan, dan restorasi energi untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Tidur yang lebih baik adalah 7-9 jam setiap malam.

17. Mulailah menghindari merokok. Selain kesehatan pernapasan yang dipertaruhkan, merokok juga semakin memperburuk komplikasi pembuluh darah. Jika kamu diabetesi dan merokok, kondisi gula darahmu akan semakin memperburuk.

18. Lebih sering tertawa. Tertawa membuat kamu bahagia dan juga baik untuk kesehatan.

19. Beranikan diri untuk mengatakan ‘tidak’ sesekali. Kamu tidak harus selalu menerima atau meng-iyakan jika ada yang meminta tolong. Jika kamu sibuk atau kamu merasa terbebani, sebaiknya kamu tolak secara halus.

20. Tulislah hal-hal yang membuat kamu bersyukur sehari-hari. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...