Tidak Hanya Eksoplanet, Ilmuwan Sudah Bisa Melihat Eksokomet di Kejauhan

BeritaDEKHO - Peneliti sudah menemukan 3.730 eksoplanet hingga 2 Februari 2018. Planet-planet kecil ini pada awal perjalanannya akan mengorbit matahari juga, namun tingkat kecerahannya tidak bertahan lama. Begitulah cara tim astronom memprediksi kaki komet.

Dalam sebuah penelitian yang akan diterbitkan pada 21 Februari mendatang melalui Jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, ada sejumlah benda asing yang juga mengorbit matahari. Benda-benda gelap ini adalah exocomets pertama atau komet di bintang lain.

Baca: Nenek Berusia 92 Tahun Jadi Terdakwa karena..
Baca: Jejak Tokoh Sufi Lobe Pohom Pospos dan Lobe Zakaria Sigian di Hopong, Simangumban

Ada enam benda asing yang terlihat. Masing-masing benda membuat satu jarak dekat dengan matahari. Sehingga ada enam bayangan yang terlihat tidak beraturan di dekat matahari. Dua komet yang dideteksi diketahui bernama KIC 11084727 dan KIC 3542116.

Baca: Pemangku Adat Palas Resmi Dilantik
Baca: Pemerintah akan Bangun Infrastruktur Gila-gilaan di Danau Toba

Informasi dari Fox News, Minggu (11/02) menyebut, komet ini adalah benda terkecil yang pernah dideteksi manusia dalam sistem tata surya asing.

Sebelumnya, komet terkecil yang pernah terlihat melintas di depan matahari adalah Kepler-37b. Eksoplanet mungil itu luasnya hanya 2.400 mil (3.860 kilometer) atau sedikit lebih besar dari bulan. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...