Dari Perselisihan Gas dengan Turki, Mesir Hapus Jalan Berbau Utsmaniyah karena Dinilai sebagai Penjajah

BeritaDEKHO - Hubungan Mesir dan Turki terus meruncing karena perselisihan di beberapa bidang.

Salah satunya sengketa pemboran gas di Mediterania. Kandungan gas di lautan tersebut disebut bersinggungan antara wilayah Turki, Mesir, Siprus, Siprus Turki, Palestina, Lebanon dan Israel.

Sebenarnya sengketa Turki hanya dengan Siprus Yunani. Akan tetapi yang terakhir ini mempunyai kerjasama gas dengan Mesir.  (baca)

Mesirpun menyiapkan angkatan lautnya setelah Turki menghalangi kapal pemboran gas Siprus. Mesir semakin yakin dengan ketangguhan militer maritimnya karena saat ini merupakan satu-satunya negara yang mempunyai kapal induk (baca: Mistral) di antara negara yang bersengketa.

Selain itu nama jalan berbau Utsmaniyah Jalan Selim I di Kairo disebut akan dihapus dan belum disebut nama penggantinya.

Selim I dikenal merupakah salah satu khalifah Utsmaniyah Turki yang menguasai Mesir.

Seorang akademis mengatakan bahwa tak layak nama Selim I dipakai sebagai nama jalan karena dia dianggap sebagai penjajah. (baca)

Narasi perbedaan terus diungkap seiring semakin banyaknya perbedaan kebijakan kedua negara di beberapa isu regional. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...