Mengenal Catalonia, Spanyol: Dari Iberia, Umayyah, Andalusia Sampai Sekarang

BeritaDEKHO - Isu referendum Catalonia dari Spanyol mencuat baru-baru ini. Namun tak banyak tahu sejarah orang Catalan yang mempunyai tim sepak bola FC Barcelona itu.

Spanyol pernah dikuasai pemerintahan Umayyah dan menyebutkan Andalusia. Wilayahnya termasuk Portugal, Spanyol sekarang termasuk Catalonia sampai sedikit ke perbatasan Perancis.

Nama Andalusia dulu sering tertukar dengan nama yang sama Andalusia sekarang yang masih dipakai untuk sebuah area lebih kecil di Spanyol.

Umayyah sampai abad ke-15 dengan beragam dinamika politik lokal Cordoba sampai Granada. Saat itu Portugal Kastilia dan Aragon (Catalonia) berhasil memisahkan diri.

Pada 1469, terjadi pernikahan antara Raja Fernando II dari Aragon dan Ratu Isabel I dari Kastilia yang mengisyaratkan serangan terhadap Granada, yang direncanakan secara hati-hati dan didanai dengan baik. Fernando dan Isabel kemudian meyakinkan Paus Siktus IV untuk menyatakan perang mereka sebagai perang suci.

Berikut cerita singkat mengenai Catalonia diambil dari Youtube.

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...