Slank Gelar Tur ke Berbagai Pesantren

BeritaDEKHO - Slank melakukan serangkaian tru ke berbagai pesantren. Kali ini ke Pesantren Darussalam, Batang, Jawa Tengah.

Personel Slank mengungkapkan bahwa setiap kunjungan ke pesantren memiliki makna istimewa, tidak terkecuali saat berada di ponpes Darussalam, Subah. Vokalis Kaka bahkan terkesima dengan lokasi pesantren.

"Kami masuk pondok pesantren Darussalam dengan menembus hutan. Ini baru pertama kali Slank mau manggung lewat hutan dulu," kata Kaka Slank lewat siaran pers yang diterima JawaPos.com, Sabtu (16/9).

Tur Silaturahmi Merajut Kebangsaan merupakan rangkaian tur Slank ke pondok pesantren di empat kota. Acara yang didukung oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas itu diisi juga dengan bazaar rakyat minyak goreng murah, dialog budaya dan kebangsaan, serta pertunjukan musik.

Di pelataran pondok pesantren, dilaksanakan dialog budaya dan kebangsaan bersama para santri. Dimoderasi oleh budayawan Zastrouw Al Ngatawi, acara berlangsung dengan akrab dan santai. Zastrouw mengingatkan kepada para santri untuk mewaspadai bahaya terorisme dan narkoba sebagai racun mematikan bagi generasi muda yang dapat merusak hati dan jiwa. Menurutnya, paham agama dan kebangsaan dapat menangkal pengaruh negatif tersebut.

"Aqidah ahlussunah wal jama'ah dapat dipakai untuk merajut persaudaraan dan keberagaman di bumi Indonesia ini untuk memperkuat jiwa Pancasila yang merupakan hasil ijtihad para ulama dan kyai," ujar Zastrouw.

Deputy Director APP Sinar Mas Irsyal Yasman memaparkan alasan mengapa pihaknya bersama Slank menggelar tur Silaturahmi Merajut Kebangsaan ini. Dia menilai pesan yang menggunakan bahasa penyampaian yang mudah akan gampang diterima.

"Karena menggunakan bahasa sederhana dan bisa dipahami oleh kita semua, yaitu musik, yang membawa kita untuk mengingat kembali bahwa kita bangsa besar dan mempunyai potensi yang luar biasa. Sinar Mas ingin turut ambil bagian dengan berbagi berkah, mulai dari satu pesantren satu ke pesantren lainnya," jelasnya.

Dalam sesi tanya jawab dengan santri, Bimbim menyebut arti pentingnya kunjungan ke pesantren sebagai bagian dari rangkaian tur Silaturahmi Merajut Kebangsaan. Dia berujar bahwa pesantren adalah benteng moral Republik Indonesia.

"Masuk ke pesantren adalah salah satu hal paling mulia untuk membetulkan moral dan semangat manusia," imbuhnya.

Acara pamungkas tur di Pondok Pesantren Darussalam adalah pertunjukan musik oleh Slank. Lapangan ponpes dipadati oleh santri dan Slankers yang tidak hanya datang dari Batang, namun juga kota sekitar seperti Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Kendal, Semarang, Demak, Pati, sampai dengan Lamongan.

Uniknya setiap jeda beberapa lagu, Zastrouw Al Ngatawi menyisipkan tausiah kepada para penonton. Lewat lagu yang dia dendangkan maupun interpretasi makna lagu yang dibawakan Slank malam itu.

Seperti pada lagu Doa, Slank menurut Zastrouw berpesan bahwa dalam kehidupan ini setiap kegiatan harus diawali dengan doa, karena doa adalah senjata bagi orang beriman.

Pada lagu Virus, Zastrouw berpendapat bahwa itu adalah peringatan dari Slank agar kita senantiasa menebar virus kebaikan, melawan virus keburukan.  (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...