'Tembak di Tempat' bagi Pembakar Lahan di Jambi

BeritaDEKHO - Kepala Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi yang juga Komandan Korem 042/Garuda Putih, Kolonel Inf. Refrizal memerintahkan tindakan tembak di tempat terhadap para pembakar lahan dan hutan di Jambi.

"Saya sudah menginstruksikan kepada petugas, prajurit yang terlibat dalam satgas karhutla, untuk melakukan penembakan di tempat kepada si pembakar," kata Kol. Refrizal kepada Ging Ginanjar dari BBC Indonesia.

"Namun tentu dengan melalui ketentuan dan prosedur yang berlaku," tambahnya pula.

Ia menyebut, perintah ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya lagi kebakaran lahan dan hutan yang masih seperti tahun 2015 lalu.

Kebakaran tahun 2015 itu melalap hingga 2,6 juta hektar lahan, yang mengakibatkan krisis asap hingga Malaysia dan Singapura. Bank Dunia mencatat, kerugian saat itu mencapai sekitar US$16 miliar (Rp200 triliun).

Refrizal menegaskan, berbagai aturan sudah ditetapkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, dan menurutnya itu menunjukkan bahwa pemerintah sangat serius. Namun pembakaran lahan dan hutan masih saja terjadi. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...