Kejam, India Naikkan Bea Masuk Sawit RI 100%

BeritaDEKHO - Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengungkapkan pemerintah India baru-baru ini menaikkan bea masuk atas CPO Indonesia hingga 100%. Negara tersebut menaikkkan bea masuk komoditas tersebut menjadi 15%, dari sebelumnya 7,5%.

"Bea masuk CPO ke India naik 100%," kata Enggar Kantor Pusat Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Diungkapkannya, pemerintah akan mendiskusikan langkah apa yang perlu diambil atas kenaikan tarif bea masuk CPO itu, termasuk bertemu secara bilateral dengan India.

"Kita hati-hati, coba G to G, pasti kita akan bicarakan. Kita akan bahas, kemudian dalam beberapa waktu dekat, kalau enggak salah bulan September akan ada pertemuan ASEAN-India," jelas Enggar.

Proses negosiasi perlu diupayakan, lantaran perdagangan dengan India saat ini masih surplus. "Kita surplus gede banget," terang Enggar.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan India mengumumkan kenaikan tarif bea masuk CPO menjadi 15%. Pajak impor minyak kelapa sawit olahan juga meningkat menjadi 17,5% dan 25% dari sebelumnya 12,5% serta 15%.

Komoditas sejenis lain yang terkena peningkatan pajak impor yakni minyak kedelai. Sementara bea masuk minyak nabati lainnya masih tetap di level 12,5% untuk minyak mentah dan 20% untuk minyak nabati olahan. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...