Merintis Media Komunitas untuk Kebersamaan

BeritaDEKHO - Sejak berdirinya BeritaDekho, banyak yang bertanya bagaimana cara membuat berita blog komunitas yang dikelola bersama.

Bagi pemula, jawaban dari pertanyaan itu sangat penting, namun berbeda dengan mereka yang sudah mengerti.

Sejak awal BeritaDekho merupakan blog berita bersama yang dikelola oleh kebersamaan (lihat nama-namanya).

Setiap orang yang masuk dalam nama-nama tersebut dapat menulis berita sendiri, baik itu artikel yang utuh maupun lead artikel yang kemudian dilink-kan atau dihubungkan dengan blog masing-masing atau media komunitas yang dikelola masing-masing alumni.

Hanya saja kesibukan tak bisa dipungkiri sebagai hambatan. Maka, tak heran bila ada pertanyaan; mengapa nama saya tidak ada dalam daftar alumni (lihat). Bisa saja informasi yang dikirim ke email yang bersangkutan tidak sempat dilihat atau anda belum mengirimkan informasinya.

Apa sih manfaat dan bagaimana cara mengelolanya? Berikut penjelasannya:

Blog bisa digunakan banyak orang (anggota) entah untuk komunitas tertentu atau sekedar berbagi postingan/artikel. Misalnya anda memiliki sebuah perkumpulan atau klub olahraga dan ingin bisa sharing antar anggota, maka tidak ada salahnya membuat forum sendiri lewat Blogger. 

Karena membuat blog di Blogger selalu gratis dan terus diupdate dengan fitur-terbaru. Untuk membuat blog bersama, pihak Blogger sudah menyediakan fitur yang memadai, dimana ada fasilitas "Izin" dan "Posting lewat email dan mms". 

Lewat kedua fitur tadi, anda bisa mengundang semua orang atau orang-orang tertentu sesuai kehendak anda.

Jika anda hanya mengijinkan orang-orang tertentu (misal: khusus anggota) maka anda bisa mengatur siapa saja yang punya akses dan batasan akses seperti apa yang diberikan, lewat fitur "Izin" pada dashboard blog. Bahkan anda bisa setting blog tadi menjadi blog yang hanya bisa diakses dan dilihat khusus anggota. Nah, untuk penerapan blog bersama, saya akan bagi dalam dua cara:

Cara Pertama:

Pada cara pertama ini, kita bisa mengundang semua orang yang kita kehendaki maksimal 100 orang. Syaratnya, setiap orang yang anda undang, memiliki akun email (bebas).

Untuk menambahkan orang yang anda kehendaki, login ke dashboard blog dan klik pada "Pengaturan" lalu klik pada "Izin". Dalam hal ini saya asumsikan, anda sudah berhasil membuat blog dan tinggal mengolahnya menjadi blog bersama. 

Setelah halaman "Izin" ditampilkan, tentunya anda melihat akun email anda sendiri sebagai "Admin" blog atau yang bertanggung jawab mengolah blog serta memegang kuasa penuh secara keseluruhan terhadap konten blog.

Klik pada link "Menambah penulis", maka akan disediakan kolom untuk menambah alamat email orang yang hendak anda tambahkan. Di bagian bawah kolom isian, ada link "Pilih dari kenalan", anda bisa klik link tersebut jika alamat email yang hendak anda tambahkan sudah tercantum di buku kontak email anda (Gmail).

Setelah anda tambahkan, setiap alamat email yang ditambahkan tadi akan menerima email undangan untuk konfirmasi. Dan setelah melakukan konfirmasi, setiap orang yang diundang tadi akan memiliki akses untuk ikut mem-posting artikel. 

Cara Kedua

Cara yang kedua berikut lebih sederhana dan tidak ada batasan terhadap jumlah orang yang bisa berpartisipasi atau siapa saja bisa mengirimkan postingan mereka. 

Cara berikut bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur "Mail2Blogger", dimana nanti setiap orang bisa mengirimkan postingan mereka lewat email masing-masing. 

Untuk mengaktifkannya, cukup dengan login ke www.blogger.com dan klik pada ikon "email" dan isikan kata rahasia pada kolom yang disediakan. Nanti alamat email
tersebut bisa kita pasang di halaman utama di blog kita, entah di sidebar atau di bawah header, beritahukan bahwa siapa saja bisa berpartisipasi lewat email melalui alamat email yang anda buat tadi.

Untuk menghindari postingan yang bersifat SPAM, sebaiknya setting dulu pada menu "Email dan Seluler" pada Pengaturan dan tandai pada "Simpan email sebagai entri konsep". Dengan menandai pilihan tersebut, anda masih bisa memilah postingan yang anda izinkan untuk dipublikasikan dan menghapus postingan yang tidak pantas. Jangan lupa berikan panduan penulisan lewat halaman independent (halaman khusus). 

Sehingga siapa saja tidak kebingungan saat hendak berpartisipasi. Misal kolom subject akan otomatis menjadi judul postingan dan untuk label, beritahukan kepada pengguna tadi agar menyertakan di bagian paling bawah (jadi satu dengan artikel). Pada saat seleksi postingan, anda bisa menambahkan label yang dikehendaki penulis, sehingga setiap postingan bisa dikelompokkan dalam setiap kategori. 

Untuk memudahkan pemilihan kategori pula, sebaiknya anda juga memberikan pilihan kategori yang diizinkan, sehingga pengguna bisa memilih target postingan dan postingan di blog juga tertata rapi. Beritahukan kepada pengguna bahwa penerbitan postingan adalah kuasa anda sebagai administrator. Kalau perlu, daftarkan blog anda pada Copy-Scape untuk menjamin setiap artikel mereka tidak dicopy orang lain. (sumber) (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...