Warisan Indonesia: Mencari Biara Buddha yang Dibangun Raja Sriwijaya di Nalanda, India


BeritaDEKHO - Raja Balaputra Dewa dari Sriwijaya pernah mendanai pembangunan sebuah Biara Buddha di Nalanda, India. (baca)

Nalanda merupakan pusat pendidikan keagamaan Buddha saat itu, kini masuk dalam wilayah Bihar, dulu disebut Benggala.


Baru-baru ini, beberapa institusi pendidikan modern (baca) dibangun kembali untuk mengenang kejayaan ribuan tahun tersebut.

Sayangnya, Biara Buddha yang dibangun Balaputra Dewa tersebut sudah tidak berbentuk (baca). Sudah saatnya pihak universitas (yang baru didirikan tersebut) mengembalikan bangunannya dan menjadi warisan hubungan budaya Indonesia dan India.

Donasi Balaputra Dewa mungkin dapat disebut menjadi salah satu yang terawal, (lihat lainnya) yang tercatat dalam sejarah di luar negeri. Walau mungkin saja ada yang lain mengingat leluhur Indonesia sudah mengembara sejak 10-30 ribu tahu yang lalu.

Di tempat lain, sebelum Arab Saudi merdeka, misalnya, para penziarah dan haji Indonesia yang kebanyakan dari pengusaha sukses dan keturunan kerajaan juga membangun pondokan dan asrama di Mekkah. Di antaranya Bairul Ashi (baca). Dan masih banyak lain.

Setelah Indonesia merdeka, tradisi ini juga terus dikembangkan sebagai bagian dari diplomasi. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...