Selain E-Commerce Komunitas, 4 Perusahaan Ini Bertekad Bawa 25 Ribu UKM Go Digital

BeritaDEKHO - Beberapa e-commerce berbasis komunitas, baik yang didirikan Muhammadiyah (kini sudah bisa diakses di mallmu.com), NU (NU Online Shop), Ansor (lihat), Hidayatullah (baca) dan tokoh (baca) (baca) (baca) (baca) bertekad membawa pengusaha kecil ke jenjang digital.

Selain itu, dilaporkan indotelko (baca), Lazada Indonesia bersama dengan Bank Mandiri, Telkomsel dan JNE telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk mendukung pengembangan potensi UMKM Indonesia melalui program #KamuJugaBisa.

Empat perusahaan besar dari masing-masing industri ini mendapat dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia mengedukasi 25.000 UMKM di Indonesia agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara online.

Kondisi saat ini dari kurang lebih 57,000,000 UMKM di Indonesia, hanya 18% dari angka tersebut yang sudah menggunakan media digital untuk mengembangkan usahanya.

Padahal menurut sebuah penelitian, dengan bergabung di sebuah platform digital, UMKM memiliki kesempatan lebih besar untuk memasarkan produknya di jangkauan yang lebih luas, peningkatan pendapatan hingga 80%, dan penambahan jumlah tenaga kerja hingga 501. Tidak hanya bagi pelaku, majunya UMKM juga dapat membantu meningkatkan kondisi perekonomian Indonesia.

Menyadari besarnya potensi yang dimiliki sektor UMKM di Indonesia, baik Lazada Indonesia Bank Mandiri, Telkomsel dan JNE melihat ini sebagai sebuah kesempatan untuk terus berkontribusi secara positif bagi bangsa. Kesamaan visi inilah yang menjadi latar belakang hadirnya #KamuJugaBisa untuk memberdayakan UMKM di Indonesia melalui pasar online atau e-commerce.

“Selama 5 tahun kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Lazada telah menjadi mitra pilihan lebih dari 15,000 UMKM dengan jutaan jenis produk. Kami bangga telah menjadi bagian dari perkembangan bisnis mereka. Saat ini, bersama dengan para mitra, kami melihat kesempatan untuk dapat berkontribusi lebih banyak bagi pengembangan potensi UMKM melalui berbagai cara, antara lain program #KamuJugaBisa," kata Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm dalam rilisnya, belum lama ini.

Untuk program #KamuJugaBisa, setiap pihak, baik Lazada, Telkomsel, Mandiri dan JNE memiliki peran masing-masing dalam inisiatif ini. Sejumlah kemudahan akan diberikan bagi para UMKM dalam program #KamuJugaBisa, seperti Telkomsel yang berkomitmen untuk menyediakan akses dan paket data dan telefon murah; Bank Mandiri berkomitmen untuk membantu akses pembiayaan; dan JNE yang akan memberikan dukungan gratis ongkos kirim selama 3 bulan bagi para UMKM peserta program #KamuJugaBisa.

Inisiatif bersama ini juga mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia. “Kami menyambut baik inisiatif program bersama #KamuJugaBisa untuk memajukan perekonomian Indonesia. Ini merupakan pertama kalinya kami melihat kolaborasi sejumlah instansi swasta dan BUMN untuk mengembangkan UMKM sejalan dengan potensi ekonomi digital Indonesia,” ungkap Deputi Akses Permodalan BEKRAF Fadjar Hutomo. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...