Mengenal Warisan Sejarah Indonesia di India, Wihara Chudamani Didirikan oleh Sriwijaya di Nagapattinam, Tamil Nadu

BeritaDEKHO - Salah satu warisan perbadaban dan budaya Indonesia di India adalah Wihara Chudamani yang berada di Nagapattinam, Tamil Nadu.

Wihara ini dibangun oleh seorang raja dari (baca) Sriwijaya tahun 1006.

Nama Chudamani diyakini merupakan nama puteri Harshavarman III, namun ada juga Raja Sriwijaya bernama Sri Chudamani Warma Dewa (Śrī Cūdāmaniwarmadewa)

Hubungan raja-raja Melayu dan orang Melayu sendiri di Indochina amat kompleks dan memerlukan kajian lanjut. Walaupun nasionalis Khmer cuba untuk 'meng-khmer-kan' raja-raja Melayu ini, namun batu-batu bersurat yang menuliskan salasilah raja-raja Melayu membuktikan misteri yang seterusnya. Misalnya Prasasti Say-Fong (Laos) memperkenalkan Jayavarman VII (seorang raja Angkor) sebagai anak kepada Dharanindravarman II dan seorang puteri dari Jayadityapura. Melalui ayahnya, dia adalah sepupu kedua Suryavarman II, dan melalui ibunya Chudamani  (bacayang juga puteri Harshavarman III, dia adalah cicit Suryavarman I dari dinasti Sriwijaya (Suryavarman I berbapakan Melayu, beribukan Khmer).  (adm)



Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...