Mengenal Nagore, Kampung di India Penyebar Agama Islam ke Indonesia

BeritaDEKHO - Sebuah kampung di India, Nagore (baca) di Nagapattinam, Tamil Nadu, sering disebut dalam berbagai literatur penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di pesisir barat Sumatera.

Daerah yang masuk dalam pesisir Tamil Nadu ini sering dikenal dengan nama Portugis; Coromandel yang berasal dari kata Cholamandalam (daerah Chola) atau Kurumandalam. (baca)

Apa keunikan dan rahasia kampung ini? Disebut bahwa sebagai kampung pesisir, penduduknya terdiri dari para saudagar Muslim yang taat menjalankan agamanya.

Selain itu, di tempat ini juga berkembang ajaran sufi yang ditandai dengan keberadaan Makam Shahul Hamid, keturunan Abdul Qadir Al Jailani, seorang sufi Persia yang masih keturunan Nabi SAW. (baca).

Lihat tokoh riset bahasa Arwi, bahasa yang dipakai Tamil Muslim

Belajar bahasa Arwi di web cendikiawan Singapura

Adanya transportasi laut yang hilir mudik berkesinambungan antara pantai barat Sumatera dengan Nagore, diyakini tidak saja berfungsi pada hubungan ekonomi, penyebaran serikat-serikat dagang India tapi juga hilir mudik mereka yang ingin berlajar agama sufistik.



Makam Nagore (baca) tersebut menjadi pemersatu bagi penduduk yang berbeda keyakinan mazhab dan agama.

Ada ribuan keturunan (sering menggunakan nama Shahul Hamid, baca, baca, baca) dari tokoh sufi tersebut yang dikenal dengan istilah 'Mujawars' dan ditunjuk pemimpin yang diberi gelar 'Khalifah'. Setiap periode akan diadakan 'haul' yang dinamakan 'Kanduri', sebuah kata yang sudah diadopsi di Indonesia.



Tradisi ini masih terus berlangsung di kalangan masyarakat yang dipengaruhi oleh tradisi Nagore, baik di Malaysia, Penang, Thailand, Tapanuli, Sumatera dll.

Tradisi Serak Gulo (Tabur Gula) (di Padang Sumatera Barat) merupakan tradisi yang di adakan oleh warga muslim keturunan India untuk memperingati kelahiran Ulama asal India,  Shahul Hamid. Tujuan dari acara ini juga sebagai wadah mempererat tali silaturahmi dengan semangat saling berbagi antarwarga. (baca)

Keramat Dato Koya, sebuah tempat komunitas Tamil Nagore di Penang, Malaysia (baca)


Serikat dagang dan dakwah paling berpengaruh di Indonesia dari India, sebelum kemerdekaan, umumnya berasal dari Ranir (Rander) dan Cambay (Khambat) dari Gujarat serta Nagore dan Nagapattinam dari Tamil Nadu serta Malabar di Kerala, Benggali dll. (adm)



Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...