Mencari Asal Usul Kata Malabar, Kesamaan Nama-nama Tempat India dan Indonesia

BeritaDEKHO - Sebuah nama di Jawa, Malabar, terlihat mirip dengan nama sebuah tempat di India, Malabar, yang sekarang masuk ke wilayah Kerala. Dulu India Selatan pada umumnya pernah disebut Tamil, sebelumnya wilayah Tamil Nadu terbentuk.

Ada yang memperkirakan (baca) nama Malabar di Indonesia merupakan kepanjangan MALAng-Jawa-BARat.

Akan tetapi nama ini sebenarnya telah ada sejak zaman Belanda. Sebuah perkebunan teh di Gunung Malabar, telah ada saat itu dimiliki oleh pengusaha Belanda (baca).

Pada zaman Belanda, diyakini, Belanda membawa orang-orang India dari Malabar untuk menjadi pekerja dan sekaligus membawa bibit tanaman dan ikan untuk dikembangkan di Indonesia (baca). Akhirnya mereka ini yang mengakselerasi dakwah Islam ke Jawa. (baca) Khususnya, di era Tippu Sultan dari Kesultanan Mysore, India. (baca)

Lihat: Tokoh Indonesia Kelahiran Malabar

Fenomena ini hampir sama dengan nama Kampung Madras (baca) di Medan, (lihat: Chennai) yang dulunya bernama Kampung Keling, sebelum diubah.

Penduduknya memang kebanyakan berasal dari suku Tamil, walau ada juga dari India lainnya, khususnya Punjabi.

Baca: Peran dan pengaruh leluhur Indonesia dalam peradaban India

Fenomena berikutnya adalah di zaman Hindu, beberapa saudagar (kasta pedagang) India diyakini telah menyebar ke Indonesia, khususnya dari Kalingga (baca). Sehingga, ada nama wilayah Kalingga di Indonesia yang sama dengan nama di sejarah India, sekarang masuk Orissa. (baca)

----------------



----------------
Bandingkan dengan pembentukan marga-marga dan Kerajaan Lingga di Sumatera. (baca)

Daerah Yavadwipa (Jawa) masuk dalam kitab suci Hindu, sebagaimana Suvarnadwipa (Sumatera) memegang peranan penting dalam sejarah peradaban Buddha. (baca)

Nb. Baca pendapat yang mengatakan bahwa sebelum 5.000 tahun yang lalu, justru leluhur Indonesia lah yang menyebar dan mempengaruhi berdirinya beberapa peradaban di Benua Asia 

Pada zaman Sriwijaya, hal ini juga terjadi di mana migrasi orang-orang Tamil dari Nagore, Nagapattinam (sekarang Tamil Nadu) (baca) (baca) telah membentuk beberapa kampung dan akhirnya ada yang menjadi Kerajaan, seperti kerajaan 'Nagur' di Simalungun. (adm)



Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...