Jaringan Kuno Saudagar Barus dan IMT-GT di ASEAN

BeritaDEKHO - Sebuah prasasti yang ditemukan di Lobu Tua, Barus, bertarikh abad ke-11 (baca), mempunyai arti yang cukup istimewa dalam hubungan perdagangan Indonesia-Malaysia-Thailand dan tentunya India.
Sumber

Prasasti tersebut menceritakan penyebaran pedagang Tamil, yang telah berlayar ke Barus (Indonesia) dan ditemukan juga kelompok serupa di Malaysia (termasuk Singapura-Penang) dan Thailand.

Maka tak heran, tokoh sufi dan budaya Sumatera, Hamzah Fansuri (baca), yang beberapa abad kemudian sangat dikenal di Indonesia dan Malaysia, diyakini juga lahir di Thailand dan mempunyai jaringan perdagangan di kawasan.

Beberapa keluarga dan murid-muridnya juga mengarungi jaringan ini dan kuliah di India di abad pertengahan.

Sekarang ini ada organisasi sub-pertumbuhan bernama IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) (baca) yang mengelola kerjasama ekonomi dalam sub-kawasan ini.

Peranan perkumpulan saudagar (kasta pedagang), dan kelompok-kelompok sufi dan pedagang India dari Malabar (baca), Gujarat dan Tamil di masa Islam  tidak lepas dari interkonektivitas sub-kawasan tersebut di masa lalu. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...