Energi Negatif Bisa Tertular dari Teman yang Gemar Mengeluh

BeritaDEKHO - Pernahkah Anda merasa pusing dan lelah ketika mendengar teman atau rekan kerja yang selalu mengeluh? Jika iya, mungkin Anda sudah mulai tertular energi negatif dari orang tersebut.

Orang-orang tipe demikian memang hampir selalu ada di setiap ruang lingkup pekerjaan. Tak hanya mengeluh, terkadang mereka kerap membuat masalah demi mencari perhatian.

Orang-orang dengan sifat di atas dijuluki negative people. Mereka dapat menularkan energi negatif kepada Anda, menarik Anda pada lingkaran masalah mereka, dan mengganggu fokus Anda.

Berikut, cara menghindarinya seperti dilansir Time.

1. Buat batasan

Berinteraksi hanya jika dibutuhkan dan berkaitan dengan pekerjaan. Jika Anda terpaksa harus terlibat interaksi panjang, bicarakan topik yang ringan-ringan saja. Jika dia berhasil mencari celah untuk mengeluh, cukup tanggapi sekenanya.

2. Jangan coba-coba memberi solusi

Tidak acuh bukanlah sikap yang baik. Namun, sikap ini perlu diterapkan untuk menghindari energi negatif dari si tukang mengeluh. Sekali Anda memberi solusi, mereka akan menarik Anda ke pusaran masalah mereka yang tak kunjung habis.

3. Jangan buang waktu Anda

Anda tentu bisa membedakan, mana orang yang benar-benar membutuhkan saran Anda, dan mana orang yang hanya bisa mengeluh tanpa mau berfikir rasional. Jangan membuang energi serta waktu Anda yang berharga hanya demi memahami mereka.

4. Berteman dengan orang yang positif

Berteman dengan orang-orang yang positif lebih banyak memberi manfaat, dari mulai  meningkatkan rasa percaya diri Anda di kantor, meningkatkan motivasi, hingga menangkal energi negatif dari si tukang mengeluh. (sumber/adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...