Alumni India: Maulana Malik Ibrahim

BeritaDEKHO - Maulana Malik Ibrahim (baca) dikenal juga sebagai Sunan Gresik.

Dia diyakini pernah berdagang dan berdakwah di India, tepatnya di Cambay (Khambat), Gujarat, India.

Khambat merupakan kota pesisir dan menjadi salah satu pusat perdagangan kuno dan pernah dikunjungi oleh Al-Masud pada 915 M. (baca)

Ia mempunyai silsilah ke keluarga yang sampai ke Nabi Muhammad SAW. Di samping Timur Tengah, sebagai saudagar dia mempunyai keluarga (baca) di Persia, Champa [sekarang menjadi Kamboja dan Vietnam] (baca), Gujarat dan akhirnya di Gresik. Dia sendiri diyakini dilahirkan di Samarkand, Uzbekistan sekarang.

Dikenal sebagai saudagar dan dai di era Majapahit, walaupun di Jawa sendiri Islam dan Muslim telah hilir mudik. Hal itu diketahui dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bertarikh 1082 M (baca) dan harta karun kapal dagang dari Dinasti Fatimiyah di perairan Cirebon bertarikh 960 M. (baca)

Dia wafat pada 1419 dan batu nisannya dikenal bergaya Gujarat, (baca) dan namanya diabadikan dalam sebuah nama lembaga pendidikan; Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. (adm)

Lihat info alumni India lainnya di sini

Sebuah Masjid di Khambat

Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...