Alumni India: Dharmapala

BeritaDEKHO - Dharmapala merupakan pendeta Buddha dari Sriwijaya. Dia berasal dari Kañci (baca), sekarang bernama Kanchipuram. (baca)

Agama Buddha yang mula-mula berkembang di Sumatra dan juga di Nusantara adalah agama Buddha mazhab Hīnayāna. Sementara itu di Semenanjung Tanah Melayu dan Asia Tenggara daratan, agama Buddha yang berkembang adalah agama Buddha Mahā­yāna. Sebuah sumber menyebutkan bahwa ada seorang bhiksu yang terkenal pada masa itu yang bernama Dharmapala dan berasal dari Kañci (India). 

Pendeta ini mengajarkan agama Buddha mazhab Mahāyāna di Sumatra. Pada mulanya ia mengajar di perguruan tinggi agama Buddha di Nālanda (India). Setelah itu barulah ia mengajar di Swarnnadwīpa [Sumatera] (=Pulau Emas, swarna=emas, dwipa=pulau)=menurut teks Dharma statement ini tidak memiliki dasar. Selanjutnya sumber itu menyebutkan bahwa Dharmapala lebih dulu 50 tahun datang di Swarnnadwīpa daripada I-tsing. (adm)

Lihat info alumni India lainnya di sini


Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...