Alumni India: Dharmakŗti

BeritaDEKHO - Dharmakŗti (baca) merupakan pendeta Buddha Sriwijaya (baca) dan diyakini pernah (baca) belajar ke India. (baca)

Dikenal juga dengan nama Suvarnadvipi Dharmakirti. Dia merupakan seorang pangeran dari silsilah Sri-Vijayendra-Raja yang masih termasuk dalam silsilah Dinasti Syailendra

Dikenalnya Śrīwijaya sebagai pusat agama Buddha tidak lain adalah peranan dari seorang bhiksu Buddha yang pengetahuannya cukup luas, yaitu Dharmakŗti. 

Ia adalah salah seorang bhiksu tertinggi di Śrīwijaya yang menyusun kritik atas isi kitab Abhisamayālamkāra (garis besar sutra paramita). 

Demikian dikenalnya hingga pada tahun 1011 hingga 1023 Masehi, seorang bhiksu dari India yang bernama Atīsa (Dīpamkaraśrījñāna) datang ke Swarnna­dwīpa untuk belajar intisari agama Buddha Mahayana berupa Bodhicitta (Bodhi: pencerahan, citta: pikiran, Bodhicitta: pikiran tentang pencerahan) pada Dharmakŗti (pemegang silsilah Bodhicitta). 

Sebagai tokoh keagamaan yang berpengaruh, reinkarnasi Suvarnadvipi Dharmakirti masih terus dikukuhkan di Tibet.

Dagpo Rinpoche Lobsang Jhampel Jhampo Gyatso (Reinkarnasi Serlingpa Dharmakirti) (baca)

Dagpo Rinpoche, juga dikenal dengan nama Bamchoe Rinpoche, lahir pada tahun 1932 di wilayah bagian KOngpo, di tenggara Tibet.

Dia lahir di Tibet pada tahun 1932, diyakini dan dikukuhkan oleh H.H Dalai Lama ke-13 sebagai reinkarnasi dari Suvarnadvipi Dharmakirti. Dia tumbuh dalam tradisi keviharaan yang ketat, di bawah bimbingan Guru-guru Besar seperti Kyabje Trijang Rinpoche, Kyabje Ling Rinpoche, H.H Dalai Lama ke-14. Dia menyelesaikan pelajaran lima teks besar, yaitu Pramana, Paramita, Madyamika, Abhi dharma, Vinaya, serta Tantra dan Lamrim. 

Saat ini di Tibet, Dagpo Rinpoche dikenal dengan nama lama Serlingpa dan merupakan pemegang tunggal silsilah ajaran Bodhicitta yang otentik terutama tentang Tujuh instruksi menukar diri dengan makhluk lain. Dia mengunjungi Indonesia pada tahun 1988, dan sejak saat itu dia datang ke Indonesia setiap tahunnya untuk mengajarkan Dharma. (adm)

Lihat info alumni India lainnya di sini


Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...