Sisi Lain Konflik Myanmar: Persaingan Bisnis dan Penyerobotan Tanah

BeritaDEKHO - The Guardian melaporkan bahwa ada sisi lain yang sering dilupakan media dalam konflik di Myanmar baik ke Rohingya maupun etnis lainnya.

Salah satunya adalah kepentingan bisnis dan penyerobotan tanah. Myanmar sejak beberapa tahun belakangan telah menjadi tujuan investasi yang penting bagi asing.

Berbagai proyek membutuhkan tanah dan itu diuntungkan dengan adanya konflik yang sudah lama terpelihara. (baca) Apalagi masyarakat minoritas Rohingya dikenal mempunyai kemampuan perdagangan yang ulung.

Ada dua tujuan dari konflik ini menurut media tersebut. Dengan melakukan pengusiran dan membakar rumah-rumah penduduk, pemerintah akan mudah mengadakan tanah dengan murah kepada korporasi, dan kedua, konflik antar agama akan meningkatkan kesadaran beragama kepada rakyat yang mayoritas. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...