Ingin Majukan Islam Indocina, Bangsa Champa tak Terima Disebut Muslim Pinggiran

Khmer Times
BeritaDEKHO - Bangsa Champa yang tersebar di negara-negara Indocina, seperti Kamboja, Vietnam dan Laos dahkan di Pulau Hainan, Tiongkok, mengaku sebagai pemeluk Islam yang utuh.

Seperti dilaporkan Khmer Times (baca), beberapa tahu lalu, tokoh-tokoh Champa di Kamboja tidak menerima mereka dibedakan oleh pemerintah dari Muslim lainnya.

Menurut mereka, bangsa Champa merupakan bangsa lokal yang sudah memeluk Islam beratus-ratus tahun yang lalu. Hanya karena keterisoliran dan politik, praktik ibadah mereka sedikit berbeda dengan kebanyakan Muslim Champa. Mereka, yang dikenal Muslim Bani, disebut terus memperbaharui tradisi dan ritual yang sesuai dengan Islam.

Pernyataan ini mengingat sebagian bangsa Champa yang di Kamboja dan Vietnam, walaupun menjalankan Islam, tetap menghormati situs-situs peninggalan leluhur mereka sisa-sisa kejayaan Kerajaan Champa, yang berhasil mengislamkan Majapahit (baca), seperti kuil dan reruntuhan istana untuk upacara adat.

Sikap mereka ini lebih kurang hampir sama dengan warga Kristen di Spanyol yang masih merawat masjid-masjid peninggalan leluhur Muslim mereka yang kini difungsikan sebagai museum.  (adm)





Lihat kehidupan Bangsa Champa di Hainan, Tiongkok:



Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...