Thesis Diaspora India: Studi tentang Identitas, Etnisitas dan Jaringan Sosial Komunitas Peranakan Muslim India-Pakistan di Perkotaan

BeritaDEKHO - Penelitian ini mencoba melihat bagaimana komunitas India melakukan penyebaran ke Indonesia. Dalam konteks ini akan dilihat sejarah, faktor-faktor serta tujuan mereka melakukan penyebaran ke Indonesia. Selain itu akan dibahas juga bagaimana aktivitas sosial, ekonomi dan budaya komunitas peranakan Muslim India-Pakistan yang berdomisili di Jakarta melalui hasil wawancara dengan enam (6) keluarga Muslim India-Pakistan serta tiga (3) orang generasi muda Muslim India-Pakistan.

Penelitian ini juga mencoba melihat dampak penyebaran komunitas keturunan, terutama dilihat dari gejala etnisitas, pembentukan identitas dan juga jaringan sosial. Gejala etnisitas terkait dengan pembentukan rasa primordialisme ataupun nasionalisme. Etnisitas juga dapat dilihat dari identitas etnik yang sangat melekat di dalam komunitas keturunan, sekaligus bagiamana gradasi, degradasi dari identitas etnik ini dimaknai oleh individu, kelompok dan komunitas.

Pembentukan identitas juga akan dilihat melalui analisis spasial, yaitu pembacaan beberapa tanda/simbol yang merepresentasikan komunitas India di Pasar baru.

Analisis mengenai lokalitas, konsep diri, keragaman identitas, konflik identitas, identitas gender, identitas virtual di dalam komunitas peranakan akan menghasilkan suatu gambaran utuh (menyeluruh) bagaimana komunitas ini melakukan proses negosiasi dan representasi di ranah privat (internal kelompok) dan publik (masyarakat Indonesia) sebagai etnik minoritas dan juga kelompok mayoritas (berbasis Agama Islam). (Lihat Thesis Yuanita Aprilandini Siregar)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...