@Jokowi Bersama Masyarakat Indonesia di India: Banyak Peluang yang Bisa Kita Manfaatkan

BeritaDEKHO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menemui masyarakat Indonesia yang tinggal di India dalam kesempatan kunjungan kenegaraannya ke negara itu.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertemu masyarakat Indonesia yang tinggal di New Delhi dan sekitarnya di Kedutaan Besar RI New Delhi, Selasa.

ilustrasi
Presiden Jokowi dan Ibu Negara tiba di KBRI New Delhi sekitar pukul 12.20 waktu setempat yang kemudian langsung bersalaman dan beramah-tamah singkat dengan masyarakat Indonesia yang hadir.

Sekitar 200 orang memenuhi ruangan di kantor KBRI New Delhi, mereka langsung antusias saat Presiden dan Ibu Negara hadir. Beberapa langsung ingin bersalaman dan beberapa yang lain sibuk mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera ponselnya.

Presiden juga akan bersantap siang bersama masyarakat Indonesia yang bermukim di India.

Duta Besar RI untuk India Rizali Indrakesuma mengatakan ia bersyukur kehadiran Presiden ke Tanah Hindustan setelah ditunggu selama sekitar dua tahun sejak menjabat sebagai Presiden RI.

Ia berharap berbagai rangkaian acara kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke India bisa berjalan lancar dan hasil-hasilnya bisa segera diimplementasikan dan membawa hasil yang baik untuk hubungan dan kerja sama ke dunia negara.

"Yang hadir saat ini merupakan masyarakat Indonesia, WNI, yang menikah dan menetap di India, kemudian para ahli dari Indonesia yang bekerja di lembaga-lembaga di India, dan juga tentunya para pelajar mahasiswa Indonesia di India yang jumlahnya tidak banyak sekitar 200 orang," katanya.

Ia mengatakan seluruh WNI di India jumlahnya tergolong kecil bahkan tidak sampai 500 orang.

Namun ia menegaskan di tengah 2 miliar penduduk India, WNI di India ingin berkontribusi terhadap upaya peningkatan kerja sama dan persahabatan dengan India.

Sedangkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan kepada masyarakat Indonesia di India lebih banyak memaparkan tentang proyek infrastruktur yang sedang dibangun di Indonesia.

Presiden juga menyampaikan beberapa hasil dan inti pertemuannya dengan Presiden India Pranab Mukhernee, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Wakil Presiden India Mohammad Hamin Ansari.

"Banyak hal dibicarakan intinya India ingin agar perjalanan sejarah yang panjang bisa dilanjutkan lagi dalam hubungan yang lebih dekat antara India dan Indonesia. Banyak peluang yang bisa kita manfaatkan yang selama ini kita hanya berkutat dalam dua produk utama, minyak sawit dan batubara," katanya.

Ia mengatakan kepada masyarakat Indonesia yang hadir bahwa peluang untuk produk Indonesia agar bisa masuk ke India sangat besar.

"Oleh sebab itu, ini langsung ditindaklanjuti oleh tim kerja Indonesia dan tim kerja dari India dari semua yang kita bicarakan," kata Presiden.

Usai ramah tamah, Presiden Joko Widodo beserta rombongan diagendakan menuju Pangkalan Udara Palam, New Delhi, India, untuk lepas landas menuju Teheran, Iran, dengan menggunakan Pesawat Kepresiden Indonesia-1 Selasa sore nanti. (antaranews)




Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...