Vietnam Batal Bangun PLTN

BeritaDEKHO - Vietnam pada Jumat, membatalkan rencana untuk membangun dua pembangkit listrik tenaga nuklir karena lonjakan biaya dan masalah keselamatan, laporan media pemerintah.

Negara komunis tersebut menyetujui rencana untuk membangkit pembangkit pada 2009 di Provinsi Ninh Thuan dalam upaya mengatasi kelangkaan energi yang diakibatkan oleh perekonomian yang didorong sektor industri, dilaporkan antaranews.com.

Pembangkit tersebut dijadwalkan akan memiliki kapasitas sebesar 4.000 megawatt, yang dikembangkan dengan bantuan dari Rosatom Rusia dan konsorsium Jepang, dan akan menjadi pembangkit nuklir pertama di Asia Tenggara.

Namun, media milik pemerintah melaporkan bahwa pemerintah meminta parlemen Vietnam, Majelis Nasional, untuk menangguhkan proyek tersebut.

"Total investasi sudah meningkat terlalu tinggi," kata Le Hong Tinh, wakil kepala Komisi Sains, Teknologi dan Lingkungan (Commission of Science, Technology and Environment/CSTE) Vietnam, seperti dikutip surat kabar Tien Phong.

Dia mengatakan biaya yang diusulkan untuk kedua pembangkit mencapai dua kali lipat pada 2009 menjadi sekitar 18 miliar dolar Amerika saat pemerintah mengupayakan teknologi yang lebih canggih menyusul bencana nuklir Fukushima Jepang pada 2011, demikian menurut AFP. (adm)

Nb. Yuk gabung IICH dan IMECH 
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...