Alor akan Jadi Pemasok Ikan ke Timor Leste

BeritaDEKHO - Bupati Kabupaten Alor Amon Djobo mengatakan saat ini pihaknya sudah memasarkan hasil sektor perikanan hingga ke negara tetangga Timor Leste.

"Saat ini sektor perikanan kita sudah menembus sampai pasar negara Timor Leste," katanya dalam konferensi pers hari ke dua penyelenggaraan Expo Alor ke-10 di Kota Kalabahi, Rabu malam.

Dia mengatakan, sektor perikanan di Alor saat ini mengalami peningkatan yang pesat dan hal itu ditunjukkan dengan hasil tangkapan ikan nelayan di daerahnya yang terus meningkat.

Dengan hasil ikan yang ada saat ini, kata dia, Alor bisa melakukan pemasaran tidak hanya ke negara Timor Leste yang memiliki batas wilayah laut secara langsung dengan Alor, namun juga disalurkan ke Kupang, Atambua ibukota Kabupaten Belu, dan juga ke Ternate.

"Selain Timor Leste, kondisi sektor perikanan Alor juga dipasarkan untuk pasar domesrik seperti ke Atambua, Kupang, hingga Kiser di Ternate," katanya.

Namun, lanjut Bupati Amon Djobo, ada kendala yang sering kali dihadapi para nelayan saat melakukan pemasaran sampai ke negara Timor Leste hanya menggunakan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) sehingga hanya diizinkan sehari berada di sana.

"Untuk kendala ini kami minta pemerintah pusat agar bisa melakukan kesepakatan dengan pemerintah Timor Leste agar bisa mempermudah keberadaan para nelayan di sana karena ini sudah menyangkut hubungan antarnegara," katanya.

Dia berharap agar kendala ini bisa dibantu pemerintah pusat karena hal tersebut menyangkut legalitas hukum dengan negara lain, sehingga hasil tangkapan ikan nelayan bisa dengan lancar dipasarkan untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Kalau nelayan bisa lebih lama berada di sana (Timor Leste) maka hasil ikan yang dipasarkan juga akan jauh lebih banyak," katanya.

Bupati menambahkan, potensi lokal masyarakat Alor yang juga berkembang pesat pada sektor produksi kain tenun lokal.

"Untuk kain tenun sudah dipasarkan di mana-mana seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali, Papua, dan beberapa kota lain di Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perluasan promosi potensi-potensi daerah yang dimiliki salah satunya dengan mengadakan dan mengikuti event expo di berbagai daerah.

"Selain promosi, pemerintah tetap berprinsip untuk terus mendorong masyarakat lokal agar mampu bekerja meningkatkan kapasitas produksi berbagai sektor usaha sehingga mampu memiliki daya saing tidak hanya untuk nasional namun secara global," ujarnya. (ant)
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...