Tulis Ulang Sejarah: Pelaut Aceh dan Minang Sudah di Benua Amerika Sebelum Columbus

BeritaDEKHO - Saat pertama menapak di Benua Amerika, rombongan ekspedisi Columbus jumpa orang Minang dan orang Aceh. Ini buktinya…

Miguel Pericas of Cadiz, penulis yang ikut serta dalam petualangan Columbus mencatat, 5 Desember 1492 mereka berlabuh di ujung tanjung Cuba sebelah Timur.

“Kami menyentuh pantai…tapi penduduk melarikan diri…kemudian kami berlabuh di sebuah pelabuhan yang indah, yang oleh admiral (Columbus--red) diberi nama Port Conception,” tulis Pericas.

Serombongan awak kapal Columbus menangkap seorang perempuan muda. Dia meronta saat dihadapkan pada sang admiral.

Tak dimacam-macamin. Columbus malah menganugerahinya berbagai cinderamata dan pakaian.

Dua jam kemudian, “suatu rombongan yang besar jumlahnya datang ke pantai dan di tengah-tengahnya seorang tokoh di atas tandu. Itulah pemuka mereka, yakni Cacique (Keucik),” tulis Pericas.

Mereka saling bertegur sapa, beramah tamah. Rombongan Columbus pun dijamu bak sahabat yang lama tak jumpa. “Kami dijamu secara raja-raja,” ungkap Pericas. (sumber)
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...