Alumni India Ke-4 Terkaya di Indonesia, di Bawah Khairul Tanjung

BeritaDEKHO - Beberapa saat yang lalu, majalah Forbes telah meluncurkan daftar nama orang terkaya di Indonesia di tahun 2016. Dalam majalah tersebut sebenarnya tidak hanya mencantumkan daftar naman orang terkaya di Indonesia, namun juga di dunia.

Terdapat nama–nama baru yang menghiasi daftar orang aling tajir sejagad ini. Tak terkecuali dengan Indonesia, terdapat pula nama–nama baru yang terdaftar, namun demikian urutan teratas masih dihuni oleh adik kakak Michael dan Budi Hartono. Berikut daftar lengkapnya:

Budi Hartono
Budi hartono merupakan orang terkaya di Indonesia sekaligus pemegang saham terbesar Bank BCA dan pemilik PT Djarum. Orang yang juga masuk dalam jajaran orang terkaya didunia urutan ke 142 ini memiliki jumlah kekayaan mencapai US$ 8,1 miliar atau setara dengan Rp 107,6 triliun (Kurs: Rp 13.285 per dolar AS). Sektor industri dan perbankan menjadi sumber dari kekayaannya.

Michael Hartono
Sama – sama berasal dari keluarga Hartono, Michael Hartono memang saudara kandung dari Budi Hartono. Keduanya juga sama – sama menjalankan bisnis dibidang tembakau dan perbankan. Walaupun demikian, kekayaan yang dimiliki oleh Budi sedikit lebih tinggi dibandng yang dimiliki oleh Michael. Jumalah kekayaan Michael yaitu sekitar US$ 7,9 miliar atau setara dengan Rp 104,9 triliun.

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung atau yang lebih dikenal dengan CT ini merupakan orang terkaya nomer tiga di Indonesia dan nomer 286 di dunia. Pria ini merupakan pebisnis yang bergerak di bidang ritel perbankan hingga media. Jumlah kekayaan yang dimiliki sejumlah US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp 65,09 triliun.

Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia merupakan seorang turunan India, lulusan Universitas Delhi (1971) yang memiliki perusahaan tekstil yang bernama Indorama. Jumlah kekayaan yang dimilikinya yaitu US$ 4,2 miliar atau setara dengan Rp 55,7 triliun. Di dunia, Sri Prakash Lohia menduduki peringkat ke-358.

Lihat: Daftar Alumni India di Indonesia

Bachtiar Karim
Bachtiar Karim merupakan orang terkaya di Indonesia nomer lima di Indonesia. Dia merupakan seorang pebisnis yang bergerak dibidang perkebunan sawit. Jumlah kekayaan yang dimilikinya sejumlah US$ 3,2 miliar atau setara dengan Rp 42,5 triliun. Bachtiar juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia ke-527.

Mochtar Riady
Mochtar Riady masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia ke-854, sedangkan di Indonesia dia berada di urutan ke-6. Jumalah kekayaan yang dimilikinya sejumlah US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun.

Tahir
Tahir merupakan pemilik dari Mayapada Group dan berada di urutan ke-7 untuk kategori orang terkaya di Indonesia. Sedangkan untuk jajaran dunia, dia memiliki urutan ke-906 dengan jumlah kekayaan US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 26,5 triliun. Sumber kekayaan lainnya yaitu berasal dari sektor perbankan.

Murdaya Poo
Murdaya Poo merupakan orang terkaya ke-8 di Indonesia dan masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia urutan ke-959 dengan jumlah kekayaan US$ 1,9 miliar atau setara dengan Rp 25,2 triliun. Sektor energi dan industri merupakan sumber kekayaan dari Murdaya, walaupun masih ada beberapa sektor lainnya.

Peter Sondakh
Peter merupakan orang yang menduduki peringkat ke-9 orang terkaya di Indonesia. Di dunia, peringkatnya yaitu orang terkaya ke-1.011. Kekayaan yang dihasilkan dari beberapa sektor tersebut mencapai US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 23,9 triliun.

Eddy Kusnadi Sariaatmadja
Eddy merupakan pengusaha yang memiliki berbagai perusahaan, salah satunya yaitu PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Kekayaannya mencapai angka US$ 1,6 miliar atau setara dengan Rp 21,2 triliun. Di dunia, Eddy menempati peringkat ke-1.121 sebagai orang terkaya di dunia. (adm)
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...