Wapres India Mohammad Hamid Ansari: Indonesia Adalah Pasangan Jiwa Bagi India

BeritaDEKHO - Hubungan erat yang telah terjalin sejak ratusan tahun lalu antara Indonesia dan India membuat kedua negara lebih dari dua negara yang bersahabat melainkan sebuah pasangan jiwa. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari saat bertandang ke Jakarta, Senin 2 November 2015.

Dalam pidatonya, Wapres Ansari mengutip sebuah puisi dari tokoh seni India Rabindranath Tagore yang berjudul “To Java” yang menceritakan perjalanan leluhur bangsa India ke bumi Nusantara. Hubungan erat yang terjalin hingga saat ini menjadikan kedua negara sebagai companion souls atau pasangan jiwa.

“Selama ratusan tahun negeri kita telah terhubung oleh angin yang berhembus di Samudera Hindia. Menciptakan pertukaran pemikiran melalui perdagangan, agama, dan kebudayaan,” kata Ansari dalam pidato di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Wakil Presiden Mohammad Hamid Ansari berkunjung ke Indonesia dari 1 November hingga 4 November 2015. Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kedua negara serta memperluas dan memperdalam kerjasama di beberapa bidang, terutama sektor energi dan ekonomi.

Perluasan kerjasama ini terlihat dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) mengenai pengembangan energi terbarukan dan pertukaran budaya. Delegasi India yang mengikutsertakan beberapa anggota parlemennya juga akan berkunjung ke Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mempelajari demokrasi di Indonesia. (okezone)
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...