Tentara AS Dituduh Jadi Mata-Mata Taiwan dan Cina

BeritaDEKHO - Seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat didakwa atas sejumlah tuduhan melakukan spionase dan membocorkan rahasia militer ke Cina dan Taiwan.

Kantor berita Associated Press melaporkan perwira tersebut bernama Letnan Komandan Edward Lin, seorang warga negara AS yang lahir di Taiwan.

Dia ditahan di penjara Angkatan Laut di Virginia sambil menunggu pengadilan militer.

Para pejabat meyakini dirinya membocorkan informasi itu ke pacarnya yang berkewarganegaraan Cina, lapor harian the New York Times. Letnan Komandan Lin juga didakwa telah berbohong dengan dengan sejumlah perjalanan yang dia lakukan.

Dakwaan terhadap Letnan Komandan Lin pertama kali dilaporkan oleh United States Naval Institute (USNI) News. Dalam laman itu disebutkan bahwa Lin bekerja sebagai spesialis sinyal intelijen dari pesawat pengintai Angkatan Laut EP-3E Aries II.

Dia bergabung dengan Angkatan Laut sebagai pelaut tamtama pada tahun 1999, lalu menjadi warga negara AS pada tahun 2008.

"Saya selalu bermimpi untuk datang ke Amerika, 'tanah yang menjanjikan," kata Letnan Komandan Lin saat dirinya menjadi warga negara AS. "Saya dibesarkan dalam keyakinan bahwa semua jalanan di Amerika bisa membawa saya ke Disneyland." (bbc)
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...