Pasukan AS Ikut Bantu Korban Gempa Jepang

BeritaDEKHO - Empat pesawat V-22 Osprey Marinir Amerika lepas landas dari Okinawa hari Minggu ketika pasukan Amerika di Jepang turut dalam usaha pencarian korban gempa-bumi di bagian selatan negara itu.

 “Kami sedang bekerjasama dengan erat dengan pemerintah Jepang untuk menyediakan bantuan dan dukungan. Kepada rakyat Jepang dan kawasan itu yang terkena tragedy ini kami menyampaikan rasa simpati kami sedalam-dalamnya,” kata Lenan Jenderal Angkatan Udara John Doland, panglima Pasukan Amerika di jepang,  dalam pernyataan yang tidak memberi keterangan lebih jauh mengenai lingkup bantuan militer yang sedang disediakan.

Amerika Serikat sebelumnya telah menawarkan bantuan untuk operasi angkutan udara dan Kementerian Pertahanan di Tokyo sedang berkoordinasi dengan Pasukan Amerika di Jepang untuk melaksanakannya segera setelah siap, kata Kenko Sone, direktur komunikasi global Perdana Menteri Shinzo Abe, kepada VOA.

Abe hari Minggu meningkatkan ke 25.000 jumlah pasukan Pertahanan yang membantu usaha pencarian dan pertolongan di pulau utama Kyuhsu, Jepang selatan.

Gempa susulan terus menggetarkan negara bagian Kagoshima sementara tim SAR menghadapi keadaan cuaca yang sangat buruk dalam perlombaan untuk menolong puluhan orang yang diyakini terperangkap atau terkubur di bawah gedung-gedung yang rubuh.

Paling sedikit 41 orang telah tewas, 11 dilaporkan hilang – yang dikhawatirkan terkubur oleh tanah longsor atau terperangkap di bawah reruntuhan – dan  lebih 800 cedera sejak gempa hari Kamis sebagai akibat getaran terkuat itu, menurut para pejabat pemerintah Jepang dan laporan media dalam-negeri. (voa)
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...