Manfaat Makan Buah untuk Cegah Serangan Jantung dan Stroke

BeritaDEKHO - Orang dewasa yang makan buah segar, seperti apel dan jeruk setiap hari, risiko kematian akibat serangan jantung atau strokenya berkurang sekitar sepertiga, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan buah.

"Konsumsi buah penting bagi kesehatan jantung Anda," kata pemimpin penelitian Dr. Liming Li, wakil presiden Chinese Academy of Medical Sciences, di Beijing.

Relawan studi yang makan buah paling sering memiliki tekanan dan gula darah paling remdah dibanding yang lainnya. Hal inilah yang menjelaskan tentang penurunan risiko serangan jantung dan stroke pada penggemar buah, kata Li.

Penelitian ini belum menemukan bukti langsung, antara konsumsi buah dengan rendahnya risiko terkena serangan jantung dan stroke namun jelas antara keduanya ada hubungan, kata Li.

Untuk penelitian ini, Li dan rekan mengumpulkan data lebih dari 500.000 orang dewasa, usia 30 hingga 79, antara 2004 dan 2009. Para relawan tidak ada yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Awalnya, kurang dari satu dari lima irang relawan yang rutin makan buah. Selama tujuh tahun, mereka yang makan buah setara dengan kira-kira setengah cangkir sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular jauh lebih rendah.

Studi ini telah diterbitkan di New England Journal of Medicine, 7 Januari lalu. (tribunnews)
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...