Keturunan Jepang Menang Lagi Pilpres Peru Putaran Pertama

BeritaDEKHO - Keiko Fujimori, putri mantan presiden Peru Alberto Fujimori yang dipenjara, telah memenangkan pemilihan presiden putaran pertama di Peru, berdasarkan penghitungan suara sementara.

Politisi sayap kanan-tengah itu sejauh ini telah memenangkan 38 persen suara hari Minggu (10/4). Banker Pedro Pablo Kuczynski meraih sekitar 25 persen suara. Veronika Mendoza yang nasionalis menyusul dengan kurang dari 20 persen. Hasil akhir akan diumumkan Senin (11/4) malam.

Fujimori akan menjadi presiden perempuan Peru pertama apabila dia memenangkan putaran kedua bulan Juni.

Namun, belum jelas apakah dia akan menang, mengingat banyak warga Peru yang berjanji tidak akan memilih siapapun yang terasosiasi dengan ayahnya.

Fujimori telah berupaya menjauhkan diri dari kepemimpinan ayahnya yang otoriter sejak 1990 sampai 2000. Mantan presiden berusia 77 tahun itu sedang menjalani hukuman penjara 25 tahun karena pelanggaran HAM dan korupsi semasa menjabat.  (voa)
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...