Cina Marahi G7 Soal Laut Cina Selatan

BeritaDEKHO - Pemerintah Cina mengingatkan kelompok tujuh negara maju atau G7 untuk “berhenti mengeluarkan pernyataan tak bertanggung jawab” terkait sengketa wilayah maritim.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Lu Kang, mengatakan bahwa Cina memiliki klaim yang sah di Laut Cina Selatan.

Dia mendesak para menteri luar negeri “berhenti membuat pernyataan tak bertanggung jawab dan semua aksi tak bertanggung jawab, dan benar-benar memainkan peranan konstruktif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.”

Para menteri luar negeri G7 yang beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang sedang berkumpul di Jepang. Tanpa menyebut Cina secara eksplisit, mereka menyeru kepada semua negara untuk tidak melakukan “tindakan intimidasi apapun atau aksi provokasi sepihak” yang dapat meningkatkan ketegangan.

Mereka juga mengimbau kepada semua negara agar “menahan diri dari tindakan seperti mereklamasi tanah” dan membangun pos di luar batas negara “untuk tujuan militer” yang bisa merusak stabilitas atau mengubah status quo.

Sengketa, kata para menlu G7, seharusnya diselesaikan “dengan iktikad baik dan sesuai dengan hukum internasional”. (bbc)
Share on Google Plus

About peace

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...