Persiapan Pilkada Sudah 99 Persen

BeritaDEKHO - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak di 269 daerah pada Rabu (9/12) lusa, hingga Minggu (6/12) persiapannya sudah mencapai 99 persen. Pemerintah optimistis pelaksanaan Pilkada serentak ini akan berjalan lancar.

“Pemerintah optimistis kalau ini semua bisa berjalan , kecuali area rawan bencana, bisa saja ditunda,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai melakukan rapat kordinasi persiapan akhir Pilkada serentak di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Minggu (6/12).

Untuk masalah anggaran, menurut Mendagri, sudah hampir 100 persen selesai, tinggal menunggu pelunasan anggaran di Kabupaten Buru Selatan, Maluku, yang masih tersisia Rp 500 juta lagi, dan diharapkan Senin (7/12) ini selesai.  “Kalau daerah lain semua sudah selesai soal anggarannya,” ujarnya.

Sementara mengenai masalah Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku sampai sekarang masih belum ada putusan hukumnya.  Namun, ia yakin jelang 9 Desember nanti, masalah di daerah tersebut bisa rampung.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak ini, menurut Mendagri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar  jajaran kepolisian berkordinasi dengan BIN dan TNI untuk deteksi dini. Jangan sampai timbul hal-hal yang tidak diinginkan.

“Presiden sendiri pada 9 Desember nanti akan memantau langsung lewat video converence ke seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada,” kata Tjahjo.

Tinggal Kalteng

Sementara itu Ketua KPU Husni Kamil Manik menyampaikan kesiapan pihaknya menyelenggarakan Pilkada serentak di 9 provinsi, 224 kabupaten dan  36 kota pada Rabu (9/12) lusa.

Dikutip dari Setkab.go.id, beberapa indikator yang menjadi tolak ukur kesiapan tersebut antara lain, telah dilakukannya bimbingan teknis kepada penyelenggara sampai kepada tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), surat suara yang 100 persen sudah tercetak, telah selesainya penyediaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh daerah dan telah dibagikannya formulir C6 kepada pemilih.

Untuk beberapa daerah, khususnya wilayah yang terpencil dan memiliki geografis yang sulit, menurut Husni, sudah terlebih dahulu dilakukan sebelum jadwal distribusi dimulai. Lalu, alat kelengkapan pemungutan suara juga, saat ini sudah berada di lokasi pemunguatan suara.

“Termasuk formulir C6 juga sudah sampai ke tangan pemilih. Kami penyelenggara telah berupaya agar semuanya selesai,” ungkap Husni.

Adapun terkait dengan pencalonan di Provinsi Kalimantan Tengah menyusul putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) setempat yang menolak putusan KPU terkait pembatalan calon nomor urut tiga, yaitu Ujang Iskandar – Jawawi, Ketua KPU Husni Kamil Manik menyebutkan, saat ini surat suara telah tercetak. Namun KPU masih menunggu Putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara untuk melakukan tindakan lebih lanjut. (ant/mar)
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...