Jangan Beraktivitas di Dalam Radius 3 km Dari Puncak Gunung Sinabung

BeritaDEKHO - Posko Pemantauan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 Kementerian ESDM melaporkan hingga tanggal 27 Desember 2015 pukul 20.00 terdapat 16 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Waspada (Level II), 3 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Siaga (level III), yaitu: G. Bromo, G. Karangetang, dan  G. Lokon dan 1 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Awas (Level IV), yaitu: G. Sinabung.

Dilaporkan Posko, Saat ini G. Sinabung masih berpotensi letusan eksplosif menghasilkan lontaran material vulkanik, hujan abu lebat, guguran lava serta awan panas guguran dari kubah lava/ujung aliran lava yang bisa mencapai jarak luncur 7 km pada sektor selatan-tenggara dan 6 km pada sektor tenggara-timur.

Sehubungan dengan potensi ancaman bahaya G. Sinabung tersebut, maka direkomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak.

Dikutip dari Esdm.go.id, Proses evakuasi ke tempat yang lebih aman juga perlu dilakukan bagi masyarakat yang tinggal dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara G. Sinabung, yang berada di bukaan lembah yang berpotensi terlanda awan panas yaitu yang tinggal di: Pasarpinter Gurukinayan - Simpang Sibintun/Perjumaan Batukejan, Jembatan Lau Benuken Tigapancur, Desa Tigapancur - Pejumaan Tigabogor, Desa Pintumbesi, dan Desa Jeraya, Masyarakat di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur G. Sinabung yang berada di bukaan lembah yang berpotensi terlanda aliran awan panas, yaitu yang tinggal di Desa Kutatengah serta masyarakat di dalam jarak 4 km yaitu sektor Utara – Timurlaut di dalam KRB III berpotensi terkena hujan abu lebat, yaitu desa Kutarayat dan Kutagugung. (red2)
Share on Google Plus

About Unknown

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...