Jangan Beraktivitas di Dalam Radius 3 km Dari Puncak Gunung Sinabung

BeritaDEKHO - Posko Pemantauan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 Kementerian ESDM melaporkan hingga tanggal 27 Desember 2015 pukul 20.00 terdapat 16 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Waspada (Level II), 3 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Siaga (level III), yaitu: G. Bromo, G. Karangetang, dan  G. Lokon dan 1 Gunungapi dalam tingkat aktivitas Awas (Level IV), yaitu: G. Sinabung.

Dilaporkan Posko, Saat ini G. Sinabung masih berpotensi letusan eksplosif menghasilkan lontaran material vulkanik, hujan abu lebat, guguran lava serta awan panas guguran dari kubah lava/ujung aliran lava yang bisa mencapai jarak luncur 7 km pada sektor selatan-tenggara dan 6 km pada sektor tenggara-timur.

Sehubungan dengan potensi ancaman bahaya G. Sinabung tersebut, maka direkomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak.

Dikutip dari Esdm.go.id, Proses evakuasi ke tempat yang lebih aman juga perlu dilakukan bagi masyarakat yang tinggal dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara G. Sinabung, yang berada di bukaan lembah yang berpotensi terlanda awan panas yaitu yang tinggal di: Pasarpinter Gurukinayan - Simpang Sibintun/Perjumaan Batukejan, Jembatan Lau Benuken Tigapancur, Desa Tigapancur - Pejumaan Tigabogor, Desa Pintumbesi, dan Desa Jeraya, Masyarakat di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur G. Sinabung yang berada di bukaan lembah yang berpotensi terlanda aliran awan panas, yaitu yang tinggal di Desa Kutatengah serta masyarakat di dalam jarak 4 km yaitu sektor Utara – Timurlaut di dalam KRB III berpotensi terkena hujan abu lebat, yaitu desa Kutarayat dan Kutagugung. (red2)
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...