Indonesia Resmi Diterima Kembali di OPEC

BeritaDEKHO - Sidang OPEC ke 168 yang berlangsung pada 4 Desember 2015 di Vienna Austria secara resmi menerima pengaktifan kembali Indonesia sebagai anggota organisasi negara-negara eksportir minyak dunia.

Dikutip dari Esdm.go.id, sidang yang dihadiri oleh 12 negara anggota lainnya (di luar Indonesia) memberikan sambutan yang hangat atas kembalinya Indonesia aktif di OPEC.

"Bagi Indonesia, kembali aktif di OPEC akan memberikan banyak keuntungan, peluang direct deal pembelian crude dan produk bisa menghemat cukup signifikan dan yang juga penting kita kembali berkumpul di panggung internasional, ini penting untuk mengundang investor masuk ke Indonesia," ujar Menteri ESDM Sudirman Said selaku kepala delegasi Indonesia pada sidang OPEC ke 168 di Vienna.

Sejumlah pembelian langsung baik berupa produk dan crude sudah berlangsung seperti dari Arab Saudi dan Kuwait. Menyusul dalam tahap penjajakan pembelian produk dari Iran, Nigeria, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Di saat yang sama kesempatan ini juga membuka peluang baru bagi Indonesia untuk mendapatkan blok-blok migas di negara-negara OPEC. Dalam jangka panjang, langkah ini dapat meningkatkan kepastian pasokan migas bagi kebutuhan dalam negeri. (red2)
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...