Gempa 5,3 SR Mengguncang Bengkulu

BeritaDEKHO - Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, pada Jumat, 11 Desember 2015, pukul 10.20, diguncang gempa bumi dengan kekuatan diperkirakan 5,3 skala Richter. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Kabupaten Kepahiang, Litman, di Bengkulu, mengatakan gempa di perairan Kaur itu tidak berpotensi tsunami. "Gempa terjadi karena pergeseran lempeng Indo-Australia dengan Eurasia," katanya.

Dikutip dari Kemendagri.go.id, gempa tektonik tersebut, kata Litman, berlokasi di 71 kilometer barat daya Kabupaten Kaur dengan kedalaman sekira 10 kilometer. "Koordinat gempa 5.03 Lintang Selatan dan 102.94 Bujur Timur," ujarnya. Guncangan gempa terasa cukup kuat. Bahkan terasa sampai ratusan kilometer dari titik gempa, atau dirasakan di enam kabupaten dan kota.

Daerah yang diguncang gempa, kata Litman, adalah Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang, dan Kota Bengkulu. "Gempa terasa beberapa detik," tuturnya. Lokasi terjauh dari titik gempa adalah Kabupaten Kepahiang yang berjarak sekira 205 kilometer dari Kabupaten Kaur. (red2)
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...