Profil Shamsi Ali

BeritaDEKHO -  Shamsi Ali merupakan warga negara Indonesia yang bermukim di New York, Amerika Serikat. Dia mengharumkan nama bangsa melaui kegiatan sosialnya.

Berikut profil Shamsi Ali dikutip dari berbagai sumber:

Shamsi Ali adalah Ulama Islam dan Imam terkenal di New York City, Amerika Serikat. Beliau adalah seorang Imam masjid kota terbesar terletak di 96th Street dan 3rd AV Manhattan. Dia adalah Ketua Masjid Al-Hikmah di Astoria dan Direktur Jamaica Muslim Center di Queens. Beliau adalah seorang Ulama Tafsir (a revered Qur'an scholar), fasih berbicara Indonesia, Inggris, Arab dan Urdu.
Beliau sering menyampaikan pidato/ ceramah di forum PBB dan kontributor tamu media untuk ABC, PBS, BBC World, CNN, Fox News, National Geographic, al-Jazeera, Hallmark Channel.

Kiprah di organisasi internasioanl:

- anggota Dewan Penasehat untuk sejumlah organisasi antara keyakinan, termasuk Pusat Tanenbaum dan Federasi untuk Perdamaian Timur Tengah.
- Ketua Dewan Pembina untuk Asean Federation of Muslim Amerika Utara.
- anggota Dewan untuk Kemitraan Iman di NY,
- pendiri-bersama (co-founder) UNCC (Rohaniwan Universal Koalisi-International).
- Asisten Direktur dan anggota Dewan Yayasan Muslim Amerika, Inc,
- Ketua Parade Hari tahunan Muslim di NYC.
- Wakil Presiden Asia-Amerika Koalisi USA (AAC-USA) dan Perwakilan PBB nya.
Kiprah dalam komunitas Muslim Indonesia di Amerika Utara,
- Dewan Penasehat IMSA (Indonesian Muslim Society di Amerika),
- Dewan Penasehat ICMI (Indonesian Muslim Society Intelektual di Amerika).
Dikenal dalam komunitas antar agama:
- menjadi dosen di gereja-gereja, sinagog, dan lembaga-lembaga lainnya baik secara nasional dan di seluruh dunia.
- berada di antara beberapa pemimpin agama yang telah diundang untuk menemani kemudian Presiden George W. Bush untuk mengunjungi Ground Zero hari-hari setelah 11 September.
- berpartisipasi dalam Konferensi Internasional Imam dan Rabi untuk Perdamaian di Seville Spanyol 2006 dan National Summit pertama Imam dan Rabi Amerika Utara 2007.
- mewakili komunitas Muslim pada diskusi antaragama pada Agama dan Pembangunan Berkelanjutan di Gedung Putih pada tahun 2007,
- berpartisipasi dalam Dialog Antar Agama Transatlantic 2008 di Frankfurt, Jerman.
- diangkat "Duta Perdamaian" oleh Federasi Internasional Agama (2002),
- Penghargaan Interfaith ICLI 2008.
Penghargaan/ pengakuan:
- dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh tokoh agama yang paling berpengaruh di New York City oleh New York Magazine (2006).
- dianugerahi sebagai salah satu dari 100 penerima the 2009 Ellis Island Medal of Honor Award. Ini medali emas bergengsi non militer adalah pengakuan tertinggi yang diberikan kepada imigran dengan kontribusi luar biasa kepada masyarakat Amerika dan dunia dan baginya, itu karena dedikasi tanpa henti dalam membangun jembatan antara komunitas agama.
- pada tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012, Imam Ali terpilih sebagai salah satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia oleh Studi Islam Royal Center Strategis di Yordania dan Universitas Georgetown.

Riwayat Pendidikan:
- memperoleh gelar BA dalam tafsir dari Universitas Islam Internasional Islamabad-Pakistan pada tahun 1991,
- gelar MA dalam Studi perbandingan Agama dari universitas yang sama pada tahun 1994.

Imam Ali memiliki kesempatan untuk bertemu dengan berbagai tokoh, seperti mantan Presiden GW Bush, Bill Clinton, Hillary Clinton, Pataki, Michel Bloomberg, serta Presiden Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden RI Prof BJ Habibie dan KH Abdurrahman.

Imam Shamsi Ali berasal dari Indonesia, lahir dan dibesarkan di Bulukumba, Sulawesi Selatan, daerah yang terkenal perahu kayu tradisional yang disebut pinisi. Berusia 43 tahun dan saat ini tinggal di Jamaika, Queens, dengan Mutiah (istri) dan lima anak.

http://shamsiali.com/bio.php (adm)
Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a comment

loading...