Radio Elshinta: Erick Tohir Gantikan Rita Subowo

BeritaDEKHO - Ketua Komite Olimpiade Indonesia resmi berganti. Demikian kicauan akun Twitter @RadioElshinta, Minggu (1/11).

"Erick Tohir terpilih sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia 2015-2019 menggantikan Rita Subowo," kicau akun tersebut.

Dikutip dari Triharyo.com,  Rita adalah anak pasangan bintang film Rendra Karno dan Djuriah Karno. Ia adalah seorang sarjana Ekonomi lulusan dari Universitas Kristen Indonesia dan juga mantan atlet Bola basket. Karena prestasi-prestasinya di bidang olah raga, Ia kemudian memperoleh Doktor Honoris Causa untuk bidang ilmu olah raga dari Universitas Negeri Semarang dan juga penghargaan Adi Manggala Krida dari Presiden Soeharto. Rita memang sangat terkenal ber-”tangan dingin” dalam memegang banyak organisasi. Ia merintis dari bawah dengan mengurus organisasi olah raga Bola Volley. Di tangannya, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) terbilang cemerlang. Pada tahun 2000, ia naik pangkat menjadi orang nomor satu di PBVSI dan pada tahun 2002 dan 2006, Rita terpilih sebagai Wakil Presiden Federation Internationale de Volley Ball (FIVB). Ia menjadi wanita pertama Indonesia yang menempati posisi prestisius tersebut. Rita saat ini juga menjadi Wakil Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA)

Ketika mencalonkan diri untuk menjadi Ketua Umum KONI Pusat pada bulan Februari 2007, Rita harus menghadapi tiga ‘Jenderal’ yaitu Luhut Pandjaitan, Achmad Sutjipto, dan Andy M Ghalib. Lewat pemilihan suara yang sangat menegangkan. Rita akhirnya menjadi perempuan pertama yang dipercaya untuk menjadi komandan KONI sejak era Sri Sultan Hamengku Buwono IX, mulai memimpin KONI pada tahun 1966. Setelah era Sri Sultan, jujur organisasi KONI memang selalu dipimpin oleh seorang Jendral berbintang empat, sebut saja pada tahun 1987 - 1995 dipimpin Jendral Soerono, lalu pada tahun 1995 - 2003 oleh Jendral Wismoyo Arismunandar, dan kemudian pada 2003 - 2007 oleh Jendral Agum Gumelar. Sehingga sangat lazim pada pada pemilihan tahun 2007 tersebut, Jendral berbintang empat-lah yang diprediksi-kan akan memimpin KONI. Rita rupa-rupanya membuat kejutan memenangkan voting secara tipis dengan 43 suara. Ia hanya terpaut 5 suara dari Jendral Luhut Pandjaitan yang mendapatkan 38 suara. Kemenangan Rita terjadi setelah putaran yang ketiga, dimana pada putaran pertama dengan 5 kandidat, Luhut sempat leading. Lalu pada putaran kedua, Luhut dan Rita memperoleh jumlah suara yang sama yaitu 41.

Sementara itu Erick Thohir merupakan seorang pengusaha asal Indonesia dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media. Ia menjadi terkenal karena aktivitas bisnisnya di bidang olahraga.












Share on Google Plus

About Admin2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...