Gubernur Riau Tempuh Jalur Darat ke Jakarta

Arsyadjuliandi Rachman
BeritaDEKHO - Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman terpaksa menempuh jalur darat sekitar tujuh jam ke Bandara Internasional Minangkabau Padang, Provinsi Sumatera Barat akibat lumpuhnya operasional Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Plt gubernur Riau sudah sampai di Jakarta tadi pagi menggunakan pesawat Garuda Indonesia, setelah tadi malam menuju Sumbar," kata Kepala Biro Humas Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Darusman di Pekanbaru, Sabtu.

Ia merinci, Arsyadjuliandi beserta ajudan berangkat ke Bandara Internasional Minangkabau Padang dari Pekanbaru pada Jumat (4/9) sekitar pukul 22.00 Wib dan direncanakan tiba pada Sabtu (5/9) sekitar pukul 5.00 Wib.

Lalu dilanjutkan dengan menumpang pesawat Garuda penerbangan perdana dari bandara setempat nomor penerbangan GA 161 rute Padang-Jakarta untuk menghadiri rapat penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Riau.

"Sekarang plt gubernur Riau sedang rapat di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) untuk membahas karlahut yang berada di Riau," katanya.

"Serta mengharapkan bantuan dari pusat untuk masyarakat di Riau, agar dapat segera terealisasi dengan cepat. Supaya Riau aman dari asap," jelas Darusman.

Dia membantah kabar Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman secara mendadak dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo, sehingga membatalkan pertemuan Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) yang sedianya digelar hari ini pukul 10.00 Wib.

"Bukan, bukan karena itu (dipanggil Presiden Joko Widodo)," katanya, menegaskan.

Plt Gubernur Riau akrab disapa Andi Rachman kemarin menyebut, belum perlu meningkatkan status siaga darurat karlahut di Riau menjadi bencana nasional.

Padahal, faktanya kondisi karlahut di Riau semakin memburuk akibat polusi asap sudah meningkat ke level bahaya, sehingga sekolah diliburkan dan aktivitas Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru lumpuh total pada siang hari karena jarak pandang terbatas.

Murniati, Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mengatakan, sepanjang Jumat (4/9) sebanyak 52 penerbangan kedatangan dan keberangkatan baik domestik maupun internasional dibatalkan.

"Tapi, pada pagi hari ada 2 pesawat yang tetap terbang yakni Lion nomor penerbangan JT 393 dan Garuda nomor penerbangan GA 177 tujuan Jakarta terbang, setelah mengalami penundaan hampir dua jam," terangnya. (ant)
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...