Remisi Terpidana Korupsi Tunggu Persetujuan Meteri

Kepastian remisi bagi terpidana korupsi yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sampit Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah, tergantung keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Usulan remisinya sudah kami sampaikan. Saat ini masih persetujuan Menteri, sampai saat ini belum turun persetujuannya," kata Kepala Lapas Klas IIB Sampit, Supari, Minggu.

Tahun ini ada dua jenis remisi yang diberikan pemerintah. Remisi umum yakni remisi yang memang diberikan tiap tibanya HUT Kemerdekaan itu, sedangkan remisi dasawarsa diberikan tiap sepuluh tahun, termasuk saat saat perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus tahun ini.

Supari merincikan, usulan remisi khusus bagi terpidana korupsi mengacu pada Peratuhan Pemerintah Nomor 99 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pekaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan.

Salah satu penegasannya yaitu bahwa penegasannya adalah, pemberian remisi, asimilasi dan pembebasan bersyarat bagi pelaku tindak pidana teririsme, narkotika dan prekursor narkotika.

"Usul remisi umum sesuai PP Nomor 99 tanggal Agustus sebanyak 10 orang PP Nomor 99 tahun. Sedangkan remisi dasawarsa sesuai PP 99 tahun 2012 yaitu sebanyak 27 orang namun masih menunggu persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Menusia," kata Supari.

Disinggung soal pemilihan kepala daerah, Supari menjelaskan bahwa pihaknya menerima titipan terpidana dari daerah lain. Para pelaku korupsi itu diperlakukan sama seperti halnya narapidana lainnya dengan berbagai kebatasan.

"Titipan tahanan tipikor kami tidak membeda-bedakan, apalagi saat ini penghuninya over kapasitas. Kamarnya juga sama, jadi tidak ada yang bisa menemukan lokasi jika.
Mereka alhamdulillah sehat. Karena ini cobaan hidup, kita perlakukan manusiawi dan mereka bisa menerimanya," ujar Supari.
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...